Find Us On Social Media :

Kiddle, Mesin Pencari Khusus untuk Anak-anak

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 1 Maret 2016 | 15:15 WIB

Kiddle, Mesin Pencari Khusus untuk Anak-anak

Intisari-Online.com - Jika mesin pencari Google dirasa masih cukup riskan untuk anak-anak, maka Kiddle sepertinya bisa menjadi alternatif lain. Sekilas, mesin ini tampak seperti Google—dan memang berfungsi laiknya Google, tapi Kiddle (www.kiddle.co) mesin ini bukan produk Google. Ia mengkhususkan diri sebagai mesin pencari khusus untuk anak-anak.

Sekali lagi, Kiddle bukan produk resmi Google, tapi ia menggunakan sistem pencari Google untuk menyajikan konten yang lebih ramah terhadap anak-anak. Ia bekerja laiknya Google bekerja, tapi pencarian benar-benar akan disaring.

Menurut Tech Times, seperti dilansir dari Metro.co.uk, mesin ini pertama-tama akan memunculkan situs-situs yang aman. Lebih dari itu, bahasa yang digunakan adalah bahasa-bahasa yang sederhana, sehingga anak-anak mudah memahaminya.

Jika ada yang sengaja mengetik kata atau frasa yang berkonotasi “dewasa” maka sistem akan secara otomatis menyetopnya. Atau paling tidak menawarkan opsi yang berbeda.

 

Misalnya ketika kita mengetik “Kim Kardashian” atau “Leonardo DiCaprio”. Jika Google mengarahkan kita pada situs-situs yang berisi, misalnya, model pakaian terbaru mereka, teman kencan terbaru mereka, maka Kiddle lebih pada di mana mereka dilahirkan, kapan mereka mengawali karier keartisannya, atau di lembaga sosial-kemasyarakatan apa mereka berkecimpung.Jika masih ada yang iseng memasukkan kata-kata yang berkonotasi jelek, maka mesin ini akan menjawabnya dengan: "Ups, sepertinya permintaan Anda berisi kata-kata yang buruk. Silakan mencoba lagi!"