Find Us On Social Media :

Ini Dia 5 Cara untuk Membuat Baterai Apple Watch Lebih Tahan Lama

By Eunike Iona Saptanti, Senin, 7 Maret 2016 | 13:00 WIB

Ini Dia 5 Cara untuk Membuat Baterai Apple Watch Lebih Tahan Lama

Intisari-Online.com - Apple mengklaim perangkat wearable seperti jam tangan pintar Apple Watch dapat bertahan kurang lebih selama 18 jam. Ternyata banyak konsumen tidak merasakan daya tahan yang persis 18 jam. Jika Anda mengalaminya, coba 5 cara ini supaya Apple Watch Anda dapat bertahan lebih lama.

1. Jangan Gunakan Speaker Phone. Menerima panggilan dari perangkat iPhone di Apple Watch mungkin terlihat keren, tetapi sebetulnya menyebabkan baterai berkurang lebih cepat. Apple sendiri sudah mencoba bahwa daya tahan selama 18 jam yang dijanjikan oleh Apple Watch ternyata hanya bertahan selama 3 jam untuk menerima panggilan.

2. Pilihlah background jam tangan dengan warna gelap. Layar pada Apple Watch menggunakan jenis Amoled. Keuntungan memakai layar berjenis Amoled adalah background berwarna hitam tidak membutuhkan banyak energi, dibanding menggunakan background berwarna atau animasi. Latar berwarna terang dan animasi akan mengurangi penggunaan CPU juga baterai. Kemudian, kurangi brightness agar penghematan baterai lebih optimal.

3. Kurangi animasi. Cobalah menyetel settingan di Apple Watch lewat aplikasi Apple Watch pada iPhone Anda. Lalu tekan General – Accessibility. Anda akan menemukan dua pengubahan yaitu Reduce Transparency (untuk mengurangi efek-efek tampilan) dan Reduce Motion (untuk menghilangkan animasi. Dengan mengaktifkan dua settingan ini, prosesor pada jam tangan Anda akan bekerja lebih ringan dan baterai tidak banyak terkuras.

4. Matikan Notifikasi. Notifikasi dapat mengonsumsi baterai karena sekalinya Anda menerima notifikasi, ada sinyal yang bekerja, bunyi ‘ping’, dan lampu yang menyala. Bahkan ketika ada notifikasi e-mail, Apple Watch akan berbunyi ‘ping’ terus menerus agar Anda segera mengecek pesan yang masuk.

5. Gunakan Daya Cadangan. Nyalakan mode Power Reserve untuk menghemat baterai . Mode ini akan mematikan seluruh aplikasi. Anda akan tetap melihat jam kita menekan tombol di sisi kanan. Fitur ini sebaiknya juga digunakan ketika Anda tidur, sedang berada dalam rapat, dan ketika menyetir. 

 (forbes)