Find Us On Social Media :

Anda Butuh Pemeriksa Grammar pada Tulisan Berbahasa Inggris? Coba Install Grammarly

By Eunike Iona Saptanti, Jumat, 11 Maret 2016 | 07:00 WIB

Anda Butuh Pemeriksa Grammar pada Tulisan Berbahasa Inggris? Coba Install Grammarly

Intisari-Online.com - Menulis dalam bahasa Inggris seringkali sulit untuk dilakukan. Anda perlu mengetahui grammar yang tepat, dan pilihan kata yang pas.  Kalau tidak yakin, Anda pun kerap memeriksannya di website penerjemah, namun hasilnya pun tidak sepenuhnya akurat. Saat ini, cobalah menengok sebuah aplikasi extension untuk Google Chrome bernama Grammarly yang bisa mengecek tulisan bahasa Inggris Anda dengan lebih baik.

Grammarly tidak hanya menganalisa tata bahasa, tapi juga memberi saran-saran perbaikan.  Misalnya, menganalisis kata yang berulang, jargon yang tepat, homonim dan frase yang usang, serta kata-kata yang sering disalahgunakan oleh kebanyakan orang.  Tidak hanya itu, Grammarly juga menyuguhkan berbagai genre tulisan seperti, tulisan akademis, dokumen bisnis, tulisan blog yang lebih santai, namun anda harus meng-upgradenya ke dalam versi premium.

Grammarly berbentuk sebuah extension pada website browser Google Chrome. Saat anda meng-installnya, akan muncul logo berwarna hijau dengan panah melengkung di sebelah kanan kotak teks untuk mengetik alamat website. Saat ingin memeriksa tulisan, Anda bisa mengetiknya terlebih dulu pada Microsoft Word, lalu di copy paste di fitur new document pada Grammarly.

Meski  mampu mengoreksi grammar, terkadang saran tata bahasa yang diberikan kurang sesuai dengan preferensi pengguna.  Pengguna boleh memilih untuk tetap menggunakan kalimat yang diinginkan atau mengubahnya.

Seorang ahli bahasa dalam komputer (computational linguist) Mariana Romanyshyn mengatakan,” Bahasa itu sesuatu yang ambigu. Mesin tidak selalu bisa mendeteksi sesuai yang kita inginkan. Grammarly terkadang membuat saran yang salah dan kesalahan itu harus dicermati. Ambiguitas ini benar-benar sulit untuk dipecahkan oleh komputer,” katanya.

Terlepas dari keterbatasan itu, banyak orang yang membutuhkan penolong untuk memeriksa tulisannya. Seperti para pencari kerja dalam membuat CV atau surat lamaran kerja, para siswa, maupun pebisnis. Grammarly pada akhirnya bisa menjadi solusi untuk tulisan Anda. (AsiaPCMag)