Find Us On Social Media :

Di India, Akun Snapchat Membantu Remaja Berbicara tentang Pelecehan yang Dialami

By Moh Habib Asyhad, Senin, 21 Maret 2016 | 14:30 WIB

Di India, Akun Snapchat Membantu Remaja Berbicara tentang Pelecehan yang Dialami

Intisari-Online.com - Selain untuk bersenang-senang dengan gambar dan video selama 10 detik, di India, akun Snapchat dimanfaatkan untuk membantu remaja berbicara tentang pelecehan yang dialaminya. Para remaja ini bisa mengeluhkan masalahnya melalui Snap Counsellor.

Aplikasi ini diluncurkan oleh tiga orang India pada 8 Maret lalu. “Kami telah memiliki rata-rata delapan orang setiap hari. Dan hampir 200 orang mendengarkan kisah-kisah kami yang mengudara melalui Snapchat,” ujar Rajshekar Patil, salah satu inisiator aplikasi ini.

Raj yang tinggal di Mumbai, India, adalah anggota lembaga kreatif global milik Apple, TBWA/Media Arts Lab. Ia kemudian bergabung dengan Avani Parekh dan Nida Sheriff untuk membuat akun di Snapchat.

Kasus pelecehan seksual sudah menjadi hal yang umum di India. Meski demikian, karena satu dan dua sebab, banyak korban yang takut untuk mengungkapkan penderitaannya. Dan Snap Counsellor berusaha untuk menjembatani persoalan pelik nan sulit terekspos ini.

Dijamin aman 

Dan yang paling penting, para pelapor kekerasan ini dijamin keamanannya oleh Snapchat. “Kami menyadari bahwa privasi dan kerahasiaan super penting bagi mereka dalam persoalan ini, terutama pada remaja dan anak muda,” ujar Nida.

Selain menampung “curhatan”, aplikasi ini juga menawarkan konseling dan dukunga informasi. Oleh karena itu, aplikasi ini banyak melakukan kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait seperti Chayn India, LoveDoctor, dan lain sebagainya.

“Dalam jangka panjang, ide teknologi ini bermanfaat untuk perubahan dan masyarakat,” tegas Raj.