Find Us On Social Media :

Setelah WhatsApp, Kini Giliaran Facebook Siap Cabut dari BlackBerry

By Ade Sulaeman, Selasa, 22 Maret 2016 | 11:30 WIB

Setelah WhatsApp, Kini Giliaran Facebook Siap Cabut dari BlackBerry

Intisari-Online.com - Anda pengguna BlackBerry? Siap-siap untuk berhenti menikmati aplikasi Facebook. Hal ini menyusul pengumuman dari Facebook yang menyatakan akan mencabut dukungan untuk ponsel berbasis BlackBerry.

Apa yang dilakukan oleh Facebook ini sebenarnya sudah dilakukan oleh anak perusahaan tersebut, WhatsApp beberapa waktu lalu.

Pernyataan tersebut benar-benar bukan sekadar wacana karena Facebook sudah mengumumkan tanggal penghentian dukungan, yaitu 31 Maret 2016.(Baca juga: BlackBerry Messenger Lebih Banyak Dipakai di Indonesia

Untuk itu, pengguna Facebook di BlackBerry, baik OS 7.1 ataupun OS 10, diminta untuk meng-update aplikasinya untuk terakhir kalinya.

Update tersebut akan mengganti aplikasi shortcut aplikasi Facebook menjadi launcher situs mobile Facebook. Dengan demikian, para pengguna BlackBerry terpaksa harus mengandalkan browser mobile untuk membuka Facebook.

Selain aplikasi utama Facebook, pengguna BlackBerry tak bisa berharap banyak pada software third party karena perusahaan jejaring sosial itu turut memutus dukungan API untuk BlackBerry.(Baca juga: BlackBerry Sekarat, Penggunanya Bakal Loncat

API atau Aplication Programming Interface dibutuhkan developer pihak ketiga untuk membangun aplikasi yang tersambung ke penyedia layanan tertentu, dalam hal ini Facebook.

WhatsApp dan Facebook diketahui termasuk dalam jajaran 10 besar aplikasi gratis di toko aplikasi BlackBerry World.

Adapun BlackBerry 10 sendiri selama beberapa tahun belakangan telah mengalami kemunduran pangsa pasar. Tahun 2015 lalu, data dari firma riset Gartner dan Comscore mengungkapkan bahwa pangsa pasar BlackBerry di pasar global sudah kurang dari 1 persen.

(kompas.com)