Find Us On Social Media :

Ponsel Anda Kecemplung? Coba 5 Cara Ini untuk Selamatkan Ponsel yang Tersiram Air

By Eunike Iona Saptanti, Rabu, 23 Maret 2016 | 08:00 WIB

Ponsel Anda Kecemplung? Coba 5 Cara Ini untuk Selamatkan Ponsel yang Tersiram Air

Intisari-Online.com - Tidak semua ponsel memiliki fitur tahan air. Bila ponsel Anda tidak dilengkapi daya tahan terhadap air, coba tips ini jika sewaktu-waktu ponsel kecemplung atau tersiram air.

1. Ambil ponsel Anda sesegera mungkinJika ponsel terlanjur kecemplung, langsung angkat dan jauhkan dari sumber air. Meski casing ponsel tertutup erat, air masih bisa masuk lewat port charger, microphone, atau port USB. Jika ponsel masih menyala, segera matikan, karena bila masih dalam keadaan menyala, akan terjadi korsleting didalam ponsel.

2. Bongkar isi ponsel dan letakkan di atas tisu.Setelah menjauhkan ponsel dari air dan dimatikan, bongkar isi ponsel seperti baterai, simcard, memory card, lalu letakkan diatas tisu. Ini merupakan langkah penting untuk mengeringkan ponsel. Untuk memastikan kerusakan ponsel, coba periksa lingkaran putih kecil dengan titik merah di dalam body ponsel. Jika lingkaran tersebut sudah berwarna pink atau merah, ponsel Anda berpotensi sudah mengalami kerusakan bagian dalam.

3. Selamatkan sim card dan memory cardSelain menyelamatkan ponsel, sim card dan data penting di dalam memory card perlu diselamatkan.  Setelah dikeringkan dengan benar, coba periksa keadaan simcard dan memory card pada ponsel lain.

4. Jangan pakai hairdryer, coba pakai vaccum cleaner.Pengering rambut justru akan mendorong cairan masuk lebih dalam ke bagian mesin. Udara panas yang dihasilkan oleh pengering rambut juga berpotensi merusak komponen ponsel itu sendiri. Coba pakai vaccum cleaner mini untuk menghisap cairan dan partikel-partikel yang merembes di dalam ponsel. Hati-hati supaya vaccum tidak terlalu dekat dengan ponsel karena listrik statis yang dihasilkan juga bisa menyebakan kerusakan.

5. Gunakan beras dan silica gelBeras dipercaya dapat menyerap cairan. Coba letakkan ponsel dalam beras dan letakan silica gel yang biasa terdapat pada kotak sepatu baru. Beras dan silica gel akan menyerap kelembaban cairan. Timbun ponsel dalam 24 jam dalam beras dan silica.

6. Periksa fungsi keseluruhanJika prosedur pengeringan sudah dilakukan, coba bersihkan ponsel sekali lagi dan nyalakan. Periksa apakah ada keanehan  pada LCD atau animasi saat booting. Periksa juga fungsi speaker dan port charger. Charge ponsel dan lihat reaksi baterai saat diisi, apakah pengisiannya normal, atau baterai sulit terisi. Jika masih menemukan masalah, Anda bisa membawa ke konter terdekat untuk diperbaiki. (wikihow)