Find Us On Social Media :

Pantau Ribuan Lampu Jalan Hanya dengan sekali Klik

By Tika Anggreni Purba, Sabtu, 2 April 2016 | 15:45 WIB

Pantau Ribuan Lampu Jalan Hanya dengan sekali Klik

Intisari-Online.com-- Tadinya mengelola ribuan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) bukanlah perkara yang mudah. Banyak tenaga dan dana yang terkuras. Karena biasanya untuk menyalakan dan memadamkan lampu serta memantau kondisi lampu PJU dilakukan secara manual. Bahkan kerap menerima laporan warga terlebih dahulu baru memperbaiki lampu PJU yang rusak.

Sekarang persoalan itu bisa diatasi dengan sistem PJU pintar tadi. PJU Pintar memang tengah dikembangkan di beberapa kota besar di Indonesia. Seperti Jakarta, Surabaya, Palembang, Bali, Yogyakarta, Bandung, dan Medan. Baru-baru ini ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang menyusul menggunakan sistem PJU Pintar.

Sistem PJU Pintar ini merupakan sebuah teknologi nirkabel untuk mengontrol lampu jalan. Monitoring PJU dapat dilakukan dengan sistem jarak jauh.  Secara serentak, lampu PJU dapat dinyalakan dan dipadamkan sesuai jadwalnya. Fungsi manajemen operasional lampu ini terbagi dalam operasi ON/OFF, operasi peredupan, status lampu, dan deteksi malfungsi lampu.

Cara kerjanya sebenarnya sederhana. Antartiang PJU biasanya dilengkapi dengan sebuah panel induk dan gardu listrik. Ketiga item inilah yang saling terkoneksi agar PJU dapat dikendalikan dari jauh.

Salah satu perusahaan produsen lampu, Philips Lighting Indonesia menggelar program Kota Terang Philips LED (KTPL) di berbagai daerah di Indonesia untuk menyampaikan inovasi lampu LED yang bisa membantu pemerintah kota untuk menghemat biaya pemakaian listrik, khususnya untuk lampu jalan dan pencahayaan kota lainnya.

Baru-baru ini program KTPL digelar di Semarang sebagai bentuk kerja sama Pemerintah Kota Semarang dan Philips Lighting Indonesia untuk menyinari tujuh jalan utama di Semarang dengan aplikasi PJU pintar atau sering disebut Philips City Touch. Jalan utama di Semarang seperti Jalan Mataram, Jalan Ahmad Yani, Jalan Mgr Sugijapranata, Jalan Kompol Maksum, Jalan Pandanaran, Jalan Jenderal Sudirmanm dan Jalan Abdul Rahman Saleh telah dipasang PJU Pintar.

Selama tiga hari juga di Atrium Mall Paragon 30 Maret-1 April KTPL Semarang digelar dengan tema “Philips Lighting Week”. Kegiatan utama memang memberi edukasi pada masyarakat untuk beralih ke lampu LED melalui seminar, talk show, kompetisi mewarnai dan tari untuk anak-anak, serta pameran langsung sistem pencahayaan LED, serta pencahayaan di beberapa tempat ikonik dan bersejarah di Semarang, antara lain Tugu Muda, Tugu Pahlawan, dan Balai Kota Semarang.