Find Us On Social Media :

Kabarnya, Apple Akan Membuat Sistem yang Bisa Menyembunyikan Aplikasi

By Eunike Iona Saptanti, Jumat, 8 April 2016 | 07:30 WIB

Kabarnya, Apple Akan Membuat Sistem yang Bisa Menyembunyikan Aplikasi

Intisari-Online.com - Pengguna iOS nantinya akan bisa menikmati fitur hidden apps untuk menyembunyikan aplikasi yang tidak terlalu terpakai. Ada kabar yang berhembus, Apple akan membuat sistem yang bisa menyembunyikan aplikasi.

Pemburu kodingan Apple menemukan sesuatu pada iTunes bahwa Apple telah menambahkan metadata pada iTunes yang menyiratkan Apple sedang mengerjakan sesuatu yang memungkinkan penggunanya menyembunyikan sejumlah aplikasi bawaan Apple.  

Kunci khususnya diberi nama isFirstParty dan isFirstPartyHideableApp. Meski demikian bukan berarti kata-kata ‘hideable’ sama dengan menghapus aplikasi yang tidak diinginkan.

CEO Apple, Tim Cook, pernah menjelaskan bahwa pilihan untuk menghapus aplikasi bawaaan iOS adalah sebuah masalah yang agak rumit karena beberapa aplikasi saling berkaitan pada perangkat iPhone. Jika pengguna ingin menghilangkannya, pengguna mungkin akan menemukan beberapa masalah pada perangkatnya.

Oleh sebab itu, solusi yang tepat untuk menghilangkan aplikasi yang tidak terlalu terpakai adalah bukan dengan menghapusnya, atau uninstall, tapi dibuat folder tertentu untuk menyembunyikannya di suatu tempat.

Apple mungkin tidak akan membuat aplikasi khusus untuk sistem hidden apps, namun fiur ini akan terpasang pada pembaruan perangkat lunak versi terbaru. Bisa jadi kita baru menggunakan sistem ini pada iOS 10 nanti.

Kehadiran iOS 10 akan diumumkan dengan versi beta terlebih dulu pada bulan Juni. Namun, belum bisa dipastikan kapan Apple merilis sistem terbarunya itu dengan versi utuh.

Jadi, jika kita memiliki aplikasi yang bersifat privasi atau tidak banyak digunaan namun menggangu pandangan mata, sebaiknya harus bersabar menunggu hingga iOS versi terbaru bisa diunduh.