Find Us On Social Media :

Gedung Canggih ini Memiliki Pelindung yang Aktif Secara Otomatis saat Terkena Sinar Matahari

By Lila Nathania, Minggu, 10 April 2016 | 11:00 WIB

Gedung Canggih ini Memiliki Pelindung yang Aktif Secara Otomatis saat Terkena Sinar Matahari

Intisari-Online.com – Teknologi yang makin berkembang membuat berbagai penemuan baru muncul untuk memudahkan kehidupan manusia. Salah satunya gedung canggih ini memiliki pelindung yang aktif secara otomatis saat terkena sinar matahari.

Gedung otomatis yang canggih dan menarik ini berada di Abu Dhabi. Gedung kembar ini memiliki arsitektur yang terinspirasi dari gaya Arab kuno. Walau terinspirasi dari sesuatu yang kuno, gedung ini dilengkapi dengan teknologi termutakhir.

Pelindung matahari di gedung ini terbuat dari panel-panel segitiga yang geometris dan bisa aktif secara otomatis. Desainernya sendiri, Aedas Architects, berkata bahwa pelindung matahari ini terinspirasi dari masharabiya, sebuah bentuk cantik yang melindungi jendela-jendela Arab dari matahari dan orang luar.

Panel-panel pelindung matahari ini dikontrol oleh komputer dan bisa membuka menutup secara otomatis untuk melindungi orang di dalamnya dari sinar matahari. Gedung ini sendiri memiliki tinggi 145 meter dan sudah jadi sejak tahun 2012 silam.

Menurut pembuatnya, teknologi ini juga membuat gedung canggih itu lebih hemat energi. Dengan membuat gedung itu tetap dingin di siang hari, AC dalam gedung tak perlu bekerja terlalu keras. Karena gedung tak terlalu panas sebab sudah dilindungi oleh panel, maka kerja AC bisa berkurang bebannya setidaknya 50%. Jadi, selain cantik dan canggih ternyata panel otomatis pelindung gedung ini juga ramah lingkungan.