Find Us On Social Media :

Saat Instagram Mengidentifikasi Foto Kue Sebagai Payudara

By Ade Sulaeman, Senin, 11 April 2016 | 15:45 WIB

Saat Instagram Mengidentifikasi Foto Kue Sebagai Payudara

Intisari-Online.com – Sebuah program pengenalan gambar di Instagram telah ramai diperbincangkan. Hanya saja, bukan karena kehebatannya, melainkan karena kesalahannya, yaitu saat Instagram mengidentifikasi sebuah foto kue sebagai payudara.

Program pengenalan objek pada gambar atau dikenal sebagai image recognition biasanya memang sengaja digunakan oleh pengelola media sosial. Hal ini didasari oleh kesadaran mereka akan sulitnya mengawasi ribuan hingga jutaan gambar atau video yang diunggah para pengguna.

Sayangnya, pada kenyataannya program tersebut tidak selalu mengenali sebuah objek secara benar, padahal biasanya program ini akan secara otomatis menghapus gambar atau video tersebut, bahkan tak jarang penggunanya diblok untuk sementara waktu.

Nah, salah satu korban dari kesalahan program tersebut adalah Sue Moseley, seorang pengguna Instagram dari Inggris.

Seperti dilaporkan PetaPixel, kisah ini berawal saat Moseley mengunggah sebuah foto kue Simmel tradisional yang dibuat oleh putrinya dalam rangka Paskah.

Betapa terkejutnya Moseley saat dia tidak dapat mengakses akun Instagram miliknya beberapa waktu kemudian. Ternyata, akun Moseley sudah diblokir. Alasannya, Instagram menilai foto kue yang diunggah oleh Moseley tak senonoh karena menyerupai payudara.

Hal ini diketahui Moseley saat menemukan sebuah email dari Instagram yang menyatakan, “Akun Anda telah dinonaktfikan karena tak mengikuti panduan komunitas Instagram… Kami mematikan akun yang mengunggah konten yang mengandung sugesti seksual atau menunjukkan ketelanjangan.”

Berang, Moseley pun melampiaskan kemarahannya dengaan mengunggah foto kue yang sama namun dari sudut yang berbeda disertai tulisan “Hei Instagram, ini kue, bukan payudara.”

Sayangnya, meski pada akhirnya mengakui kesalahannya dan mengaktifkan kembali akun Moseley, Instagram tetap tidak memberikan penjelasan mengenai kesalahan tersebut.