Find Us On Social Media :

Usut Asal Kata Robot: Budak yang Bukan Manusia

By Ade Sulaeman, Selasa, 12 April 2016 | 14:20 WIB

Usut Asal Kata Robot: Budak yang Bukan Manusia

Intisari-Online.com - Perkembangan teknologi robot diperkirakan akan semakin pesat. Bahkan, beberapa restoran sudah menggunakan jasa robot meski pada akhirnya tidak puas dan memutuskan untuk ‘memecat’ para robot tersebut. Namun, sadarkah kita selama ini, darimanakah usut asal kata ‘robot’ yang seolah bukan lagi merupakan kata asing tersebut?

Untuk menjelaskannya, kita harus sejenak berjalan-jelan ke Ceko, dimana diyakini menjadi tempat awal munculnya kata robot. Negara di kawasan Eropa Timur ini memiliki sebuah kata yang menjadi awal kata robot, yaitu “Robotnik” atau “Robota” yang berarti “budak” atau “perbudakan”.

Sebuah kisah tentang dramawan asal Ceko, Karel Capek (1920) yang ditulis dalam bahasa Inggris menjadi yang pertama kali menggunakan kata “Robot”. Tentunya istilah tersebut tidak asal muncul, karena kisah tersebut sendiri berkisah tentang perusahaan yang memproduksi dan menjual pekerja yang terlihat dan bertindak seperti manusia, tetapi tidak memiliki jiwa.

"Robot bukanlah manusia. Secara mekanis, mereka lebih sempurna daripada kita, mereka memiliki kecerdasan sangat besar dan maju, tetapi mereka tidak memiliki jiwa,"kata tokoh protagonis manusia dalam drama ini, Harry Domin.

Cerita Capek mengisahkan para pelayan cerdas yang memberontak terhadap tuan manusia mereka. Ini adalah sebuah kisah yang terus bergema lagi dan lagi, bagi para seniman dan penulis yang bergulat dengan perubahan teknologi yang cepat.

Buku dan film-film seperti "Frankenstein", "Do Androids Dream of Electric Sheep" "i, Robot" dan "2001: A Space Odyssey" semua menggambarkan makhluk mekanik yang berjuang untuk membebaskan diri dari penguasaan manusia.

Buku-buku dan film ini mengungkapkan secara dalam, jika manusia dengan keunikan dan dominasinya, takut dan terancam oleh karya buatan mereka sendiri.

(Huffingtonpost.com via nationalgeographic.co.id)