Find Us On Social Media :

Jia Jia, Robot Wanita yang Disebut-sebut Paling Mirip Manusia

By Bramantyo Indirawan, Selasa, 19 April 2016 | 12:30 WIB

Jia Jia, Robot Wanita yang Disebut-sebut Paling Mirip Manusia

Intisari-Online.com – Dengan gerakan mata alami, cara berbicara yang tersinkronisasi dengan bibir, dan fisik seperti perempuan asli, Jia Jia adalah robot yang memiliki kemiripan dengan manusia. Robot tersebut telah terprogram untuk mengenal interaksi manusia dan mesin, memiliki kebebasan untuk bergerak, navigasi, dan layanan berbasi teknologi cloud melalui internet.  

Seperti yang dilansir cnet.com Jia Jia memiliki pipi merah dengan bibir pink yang membuat robot tersebut seakan hidup dengan beberapa ekspresi  yang dapat disampaikannya walaupun masih minim. Sedangkan suaranya masih memiliki karakter kaku, dengan emosi seperti tertawa dan menangis belum ditanamkan pada robot ini. Kedepannya penanaman beberapa fitur seperti ekspresi lebih dan kemampuan belajar mendalam akan dupayakan.

Jia Jia sebagai robot yang memiliki kemiripan dengan wanita ini merupakan proyek ciptaan tiga tahun Chen Xiaoping dan rekan kuliahnya dari Universitas Sains dan Teknologi Cina. Seperti yang dilansir oleh dailymail.co.uk, mereka mengumumkan teknologi tersebut di Hefei, bagian timur dari Anhui Preference.

Para penemu tersebut mengatakan bahwa Jia Jia tidak ternilai dan tidak memikirkan untuk memproduksi robot tersebut secara masal. Chen Xiaoping beserta kelompok penelitinya telah menciptakan robot sebelumnya dengan nama Kejia. Robot tersebut berhasil memenangkan kejuaraan robot bernama RoboCup di tahun 2014 melalui penyusunan minuman dengan poin besar hingga memecahkan rekor. Berbeda dengan Jia Jia yang sepertinya tidak dapat dilombakan di kompetisi. Kecuali muncul nominasi baru yakni lomba robot mirip manusia.