Find Us On Social Media :

Tips Sederhana Menghemat Paket Data

By Agra Winona, Selasa, 26 April 2016 | 11:30 WIB

Tips Sederhana Menghemat Paket Data

Intisari-Online.com – Kehabisan paket data ponsel memang menyebalkan, apalagi jika kita sedang berada di area yang tidak ada jaringan wi-fi. Untuk mencegah hal itu terjadi, kita bisa menghemat paket data dengan menggunakan Wi-Fi kapanpun dan dimanapun jika memang tersedia. Lalu bagaimana jika tidak ada Wi-Fi? Kita bisa mencoba beberapa tips menghemat paket data berikut ini:

1. Atur aplikasi yang menggunakan paket data

Untuk ponsel iPhone, kita bisa mengaturnya melalui menu  Settings dan Cellular. Kita bisa melihat aplikasi apa saja yang menggunakan paket data, dari sana kita bisa mengatur aplikasi apa saja yang bisa menggunakan paket data, atau hanya bisa menggunakan Wi-Fi saja.

Sementara untuk ponsel Android, buka menu Settings dan pilih Data Usage untuk melakukan hal yang sama, bedanya di Android, kita bisa mengatur limit data yang bisa digunakan oleh suatu aplikasi.

Beberapa aplikasi streaming, seperti Spotify atau Youtube juga memungkinkan anda untuk mengatur kualitasnya, jika sedang menggunakan paket data, turunkan kualitas streamingnya untuk menghemat penggunaan paket data.

2. Jangan menggunakan video call. Walaupun menyenangkan, video call menggunakan banyak paket data.

3. Gunakan fitur “data saver” di Google Chrome

Tips ini hanya berlaku untuk pengguna Google Chrome di Android, tapi dengan menggunakan fitur ini, bandwidth yang digunakan untuk membuka sebuah situs akan dikurangi, yang berarti penggunaan paket data juga akan berkurang.

4. Jangan terlalu sering menggunakan aplikasi sosial media. Terutama aplikasi yang banyak menggunakan video dan foto seperti Facebook, Instagram, dan Snapchat. Mengunggah foto dan video ke sosial media juga akan menghabiskan banyak paket data.

5. Jangan terlalu sering memainkan game online, beberapa game online menggunakan banyak paket data untuk mengunggah dan mengunduh informasi. Bukan hanya paket data, game online juga menghabiskan baterai dengan cepat.(Huffingtonpost)