Find Us On Social Media :

Sebelum Tinggalkan Rumah, Lakukan 4 Hal Ini Agar Aman dari Maling

By Ade Sulaeman, Kamis, 28 April 2016 | 09:30 WIB

Sebelum Tinggalkan Rumah, Lakukan 4 Hal Ini Agar Aman dari Maling

Intisari-Online.com – Rasaya hampir semua orang pernah meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, baik itu pergi berlibur, mudik atau perjalanan dinas. Akan tetapi, pemberitaan mengenai kasus perampokan pun marak terjadi, sehingga membuat kita resah.

Untuk menangani hal itu, lakukanlah beberapa tips untuk mencegah rumah agar aman dari pencuri ketika ditinggalkan dalam waktu yang lama berikut ini:

1. Memasang sistem keamanan untuk hunian

Memasang sistem keamanan memang memerlukan biaya, akan tetapi memasang sistem keamanan sangat berguna sekali, terlebih jika rumah akan ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama.

Pasanglah alat keamanan seperti CCTV, alarm, serta memasang kunci ganda pada jendela dan juga pintu rumah. Tidak perlu membeli dengan harga yang paling mahal. Belilah dengan harga terjangkau namun berkualitas.

Untuk alarm dan kunci ganda sendiri mulai dari 50 ribu hingga ratusan ribu. Sedangkan harga CCTV mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk mendapatkan CCTV murah namun berkualitas, ada satu situs yang menjualnya yaitu Ralali.com.

Ralali.com jual CCTV murah namun berkualitas. Banyak sekali pilihan harga, jenis, serta merek CCTV yang bisa Anda pilih di sana.

2. Membuat rumah seolah-olah selalu berpenghuni

Agar rumah aman ketika ditinggalkan, janganlah mengundang perhatian para pencuri dengan menunjukkan bahwa rumah Anda sedang dalam kondisi kosong. Kebanyakan dari kita biasanya menghidupkan seluruh lampu ruangan serta membiarkannya tetap menyala di siang hari, padahal cara tersebut akan membuat para pencuri tahu bahwa rumah Anda sedang dalam kondisi ditinggalkan.

Sebaiknya gunakanlah lampu yang waktu nyalanya dapat diatur oleh Anda. Sekarang ini sudah banyak lampu yang bisa diatur. Tidak hanya itu saja, letakkan beberapa sepatu atau sandal di depan pintu. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa sedang ada orang di dalam rumah Anda.

3. Bijak meng-update media sosial

Apabila digunakan dengan bijak, media sosial banyak memberikan manfaat. Begitu pula dengan sebaliknya, apabila tidak digunakan dengan bijak media sosial bisa menjadi bumerang bagi Anda.