Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Memilih Password yang Tepat?

By Monalisa Darwin D, Jumat, 6 Mei 2016 | 08:00 WIB

Bagaimana Cara Memilih Password yang Tepat?

Intisari-Online.com - Berdasarkan studi dari MasterCard baru-baru ini, disebut bahwa kita rata-rata memiliki 10 akun yang berbeda, termasuk aplikasi, dan perangkat yang membutuhkan password untuk kita masuk ke dalamnya. Dan, rata-rata setiap hari kita harus memasukkan sekitar delapan password setiap hari. Untuk keamanan dan kemudahan, bagaimana cara memilih password yang tepat?

16% dari kita mengatakan bahwa tidak pernah lupa password yang kita miliki dan sisanya mengalami lupa password serta harus mengubahnya. Rata-rata waktu yang dibutuhkan me-reset password adalah 11 menit dan ini biasanya terjadi lebih dari 15 kali dalam satu bulan. Tiga dari lima orang menggunakan password yang berbeda untuk akun yang berbeda pula.

Yang menjadi masalah adalah sebagian dari kita yang menggunakan password yang sama untuk banyak akun, dimana ketika seseorang mengetahui password tersebut maka akan memungkinkan orang itu mengakses semua akun kita, termasuk rekening online.

Selain itu, seperlima orang menggunakan angka ulang tahun untuk passwordnya, 18% menggunakan nama hewan peliharaannya, 12% nama keluarga, dimana semua ini relatif mudah bagi hacker untuk menebak dan mengakases informasi pribadi kita.

Keamanan online masa depan akan menggunakan biometrik, yang akan membantu menjaga informasi pribadi secara aman tanpa perlu password. Misalnya saja sidik jari atau selfie wajah penggunanya.

Sayangnya teknologi tersebut saat ini belum tersedia bagi semua orang, sehingga berikut adalah beberapa cara untuk memilih password dengan tepat:

1. Gunakan kombinasi angka, huruf, dan karakter lain (misalnya tanda tanya atau tanda seru).

2. Membuat password yang cukup panjang, paling tidak delapan karakter namun yang ideal adalah 16.

3. Hindari penggunaan nama, tanggal ulang tahun, lokasi, dan nomor telepon.

4. Gunakan pula campuran huruf kapital dan tidak.

5. Hindari penggunaan kata-kata bahasa Inggris, karena sebagian hacker menganggap password dibuat menggunakan bahasa Inggris.

6. Jangan biarkan website mengingat password kita.

7. Cobalah untuk menggunakan password yang berbeda untuk situs atau perangkat yang berbeda.

Nah, itu dia bagaimana cara memilih password yang tepat. (mastercard.com)