Find Us On Social Media :

Sedang Repot, Begini Cara Menyimpan Unggahan Facebook untuk Dibaca Nanti

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 6 Mei 2016 | 15:30 WIB

Sedang Repot, Begini Cara Menyimpan Unggahan Facebook untuk Dibaca Nanti

Intisari-Online.com - Sering kali kita menemukan unggahan menarik di Facebook sementara kita sedang repot sehingga kita tidak bisa langsung membacanya. Jangan khawatir, begini cara menyimpan unggahan Facebook untuk dibaca nanti.

Media sosial bikinan Mark Zuckerberg ini sejatinya sudah menyematkan fitur “save” untuk unggahan sejak dua tahun yang lalu. Namun, mungkin belum banyak pengguna yang tahu soal fitur berguna ini.

Lantas, bagaimana cara memakainya? Ikuti cara sederhana berikut, sebagaimana dirangkum Kompas.com dari PC World.

Cara “save” unggahan di Facebook

Di kotak posting yang bersangkutan, klik tanda panah ke bawah yang terletak di pojok kanan atas. Sebuah menu “drop-down” akan muncul dan menampilkan sejumlah opsi yang bisa dipilih.

Salah satu opsi akan berbunyi “save post”, “save link”, atau “save video”, tergantung jenis konten yang diunggah lewat posting bersangkutan. Bisa juga berbunyi “save product” apabila post mengandung tautan ke situs e-commerce.

 

Opsi inilah yang harus diklik untuk menyimpan posting ke sebuah laman khusus di Facebook. Usai menyimpan, akan muncul sebuah notifikasi yang memberitahukan pengguna bahwa aksi “save” telah berhasil dilakukan.

Langkah di atas juga bisa dilakukan pada Facebook versi mobile yang diakses lewat browser maupun aplikasi.

Untuk melihat daftar posting yang telah disimpan, klik menu “Saved” yang terletak di pojok kiri tampilan antarmuka “home” di Facebook, di bagian “Favorites”. Bisa juga dengan mengarahkan peramban ke alamat Facebook.com/saved.

“Save” langsung dari situs web

Dalam konferensi F8 yang berlangsung April lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan bahwa fitur save posting digunakan oleh 250 juta pengguna jejaring sosial tersebut setiap bulannya. Pada kesempatan yang sama, Facebook turut memperkenalkan tombol “Save to Facebook” untuk laman web.

 

Fungsinya sama dengan fitur save posting di Facebook. Bedanya, pengguna bisa meng-klik tombol ini ketika mengunjungi sebuah laman web yang sedang dikunjungi untuk langsung menyimpannya dalam daftar “saved post” Facebook.

Cara kerja tombol “Save to Facebook” boleh dibilang mirip dengan fitur serupa yang sudah lebih dulu tersedia lewat Pinterest.

Meski begitu, belum banyak publisher website yang menanam tombol ini di situsnya. Salah satu pihak yang pertama kali menyematkan “Save to Facebook” adalah layanan ritel online, Amazon.