Find Us On Social Media :

10 Hal yang Harus Selalu 'Online' Secara Otomatis (1)

By Monalisa Darwin D, Selasa, 10 Mei 2016 | 08:30 WIB

10 Hal yang Harus Selalu 'Online' Secara Otomatis (1)

Intisari-Online.com - Di era digital saat ini, semua serba cepat. Internet membantu dan memudahkan banyak orang, termasuk dalam urusan pekerjaan. Peneliti bahkan menemukan karyawan membutuhkan sekitar 25 menit untuk terbebas dari gangguan, termasuk tidak otomatisnya aplikasi online mereka. Jadi, paling tidak ada 10 hal yang harus selalu online secara otomatis setiap harinya:

1. Postingan di media sosial

Kita harus memastikan media sosial yang digunakan adalah untuk pribadi atau untuk bisnis, jadi semua harus diatur secara otomatis. Jika tidak, kita akan kehabisan waktu untuk masuk ke dalam media sosial tersebut. Ketika diaktifkan secara otomatis, kita juga akan lebih cepat membagi postingan, terlebih mengenai hal-hal penting. Beberapa media sosial yang populer adalah Twitter, Linkedin, dan Facebook.

2. Langganan buletin email

Ada berbagai bulletin email yang masuk ke email kita, bahkan setiap hari. Kita harus benar-benar mengelolanya secara teratur agar tidak memakan banyak waktu ketika ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Membaca semua langganan buletin akan juga melelahkan. Jadi, kita bisa menggunakan aplikasi unroll.me, dimana ini dapat mengatasi manajemen buletin. Tidak hanya akan memudahkan kita berhenti dari buletin yang tidak diinginkan, namun aplikasi ini juga dapat menggabungkan beberapa buletin langganan, sehingga kita hanya akan menerima satu email dalam sehari.

3. Tagihan secara online

Sebagian orang sering lupa membayar tagihan pada waktu yang tepat dan ini kemudian menyebabkan pembayaran yang lebih mahal karena tunggakan. Saat ini, banyak pembayaran yang bisa kita lunasi dengan mudah melalui internet. Dengan menggunakan aplikasi pengingat pembayaran tagihan, paling tidak kita akan lebih teratur dalam mengelola uang. Salah satu contoh aplikasi adalah Mint, dimana ia akan memberi pengingat secara otomatis ketika tagihan jatuh tempo. Aplikasi ini mampu melacak semua transaksi anggaran pribadi kita dengan terhubung ke rekening bank secara aman.

4. Membuat jadwal di kalender

Manfaatkan aplikasi kalender dengan maksimal. Catat semua jadwal pada kalender gadget dan atur secara otomatis dengan memunculkan bunyi atau getar ketika jadwal tiba. Dengan ini, pekerjaan kita pun akan lebih terorganisir dan kita tak perlu khawatir tentang tugas selanjutnya, karena sudah ada pengingat. Kita juga bisa menggunakan GTasks untuk menyinkronkan kalender dengan akun Google atau Gmail kita. Aplikasi ini mampu menunjukkan semua tugas atau jadwal dalam satu tempat.

5. Pengingat lalu lintas dan cuaca

Aplikasi pengingat lalu lintas dan cuaca harus selalu aktif bersama kita. Hal ini tentu mencegah kita terjebak macet atau menghadapi cuaca buruk di suatu tempat. Dengan aplikasi semacam ini, kita dapat terbantu dalam penghematan waktu serta memutuskan apakah perlu adanya perubahan rencana. Salah satu aplikasi lalu lintas yang populer adalah Waze, dimana aplikasi ini dapat memberi peringatan tentang kecelakaan atau hal lain terkait lalu lintas di suatu jalan. Sementara untuk cuaca, kita bisa menggunakan Google Calender yang nantinya akan mengirimkan kita email mengenai prediksi cuaca esok hari.