Find Us On Social Media :

5 Tren Teknologi yang Harus Diperhatikan di Tahun 2016

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 19 Mei 2016 | 07:30 WIB

5 Tren Teknologi yang Harus Diperhatikan di Tahun 2016

Intisari-Online.com – Teknologi dapat membantu manusia untuk mengerjakan berbagai tugas dan mempermudah hidup kita semua. Penciptaan ide dan inovasi menjadi kunci dalam melihat sebuah teknologi. Tren teknologi dapat hadir sebagai penciptaan ide hingga suatu produk jelas yang dapat langsung digunakan.

Tahun 2016 telah mendekati ke pertengahan tahun dan sejauh ini beberapa teknologi telah diberikan perhatian lebih oleh masyarakat dan internet. Berikut adalah lima tren teknologi yang harus kita perhatikan di tahun 2016 ini.

1. Penyortiran informasi

Seiring berkembangnya dunia digital, informasi ikut bertambah banyak sehingga arus sulit untuk dikontrol. Ya, kita menjadi tahu lebih banyak akibat penyebarannya, akan tetapi jumlah data yang banyak juga dapat menjadi sebuah permasalahan. Penyortiran informasi digunakan berbagai pihak seperti perusahaan untuk memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Tren tersebut akan terus berkembang dan diperbaiki melalui aplikasi, alat, atau teknologi lainnya.

2. Perlindungan dari kriminal

Industri hacking masih merugikan berbagai perusahaan dari uang dan informasi yang mereka curi. Untuk menjaga keamanan dari para kriminal digital tersebut, teknologi informasi harus memiliki cara yang lebih baik untuk mengidentifikasi titik lemah dalam sistem. Selain itu blokir atas pengunjung jaringan yang tidak di undang dan metode untuk melindungi informasi lainnya juga dibutuhkan. Untuk mengamankan sumber daya dan kepercayaan dari para pelanggan, perusahaan-perusahaan akan melanjutkan prioritas mereka dalam penyesuaian keamanan.

3. Perlengkapan yang dapat digunakan

Peningkatan teknologi yang bisa dipakai mengalami peningkatan di tahun ini. Google telah memperkenalkan Glass, sebuah kacamata mutakhir dan Apple Watch menjadi tren baru dalam menggunakan jam tangan. Kedepannya, perlengkapan seperti baju pintar dan helm pintar akan hadir meningkatkan tren teknologi ini.

4. Virtual Reality (VR)

Penggunaan VR telah dikembangkan dari hanya sekedar rekreasi. Kita bisa mencoba produk di toko online sebelum membelinya tanpa harus beranjak kemana pun dengan bantuan VR. Rukkus menjadi sebuah situs penjualan tiket yang telah mencoba teknologi tersebut agar kita tahu posisi kursi secara 360 derajat kita melalui VR.

5. Printer 3D

Popularitas teknologi ini menjadi salah satu tren terbesar pada tahun 2016 yang hampir berusia setengah tahun ini. Digunakan untuk berbagai industri, menjadi relevan dalam dunia kosmetik untuk rias wajah hingga medis melalui pembuatan organ. Teknologi ini diciptakan pada tahun 1986 yang mengubah model 3D dari digital menjadi sebuah objek. Peningkatan terjadi dalam kreatifitas dan tren teknologi ini cukup mudah diakses.