Find Us On Social Media :

Lewat Fitur Ultra Data Saving, Opera Max Bikin Ponsel Android Samsung Lebih Hemat Data Internet

By Ade Sulaeman, Selasa, 7 Juni 2016 | 15:30 WIB

Lewat Fitur Ultra Data Saving, Opera Max Bikin Ponsel Android Samsung Lebih Hemat Data Internet

Intisari-Online.com - Kerjasama Opera dan Institut Penelitian dan Pengembangan Samsung Indonesia berhasil menghasilkan teknologi Ultra Data Saving (UDS). Teknologi yang diterapkan di Opera Max ini diklaim mampu membuat ponsel Android Samsung lebih hemat data internet.

Beberapa perangkat yang saat ini sudah dapat menikmati fitur UDS tersebtu adalah Samsung Galaxy J3, Galaxy J5, dan Galaxy J7. Selain lebih hemat, fitur ini juga diklaim membuat aktivitas berseluncur menjadi semakin terasa cepat.

Fitur UDS menghadirkan teknologi penghematan data yang unik dari Opera Max. Fitur ini membantu mengurangi konsumsi data pada gambar, halaman web, video, dan suara, terutama pada aplikasi yang didominasi oleh gambar atau video, seperti Instagram, YouTube, Netflix, dan Flipboard.

Penghematan data menjadi hal yang penting bagi pengguna smartphone di Indonesia. Berdasarkan survei Opera, 43% pengguna Android di Indonesia menunjukkan bahwa mereka tidak dapat menggunakan internet sesuai kebutuhan karena terbatasnya paket data. Bahkan 1 dari 5 pengguna Android tidak dapat menonton video jika tidak ada jaringan WiFi.

Pengguna di Indonesia sangat menantikan pengalaman menggunakan smartphone yang lebih baik, tanpa harus memikirkan kuota internet. Dengan fitur UDS dari Samsung, pengguna dapat dengan tenang menikmati video dan audio melalui jaringan mobile.

Fitur UDS mengakomodasi kekhawatiran pengguna tentang penggunaan data internet yang berlebihan, dengan cara menutup penggunaan data oleh aplikasi-aplikasi tertentu, dan di waktu yang sama, mengoptimalkan penggunaan data di semua aplikasi.

Pengguna juga dapat melihat tinjauan awal agar lebih mudah menelusuri jumlah data yang telah dikonsumsi dan dihemat, sehingga mereka mendapat pengalaman penggunaan data internet yang lebih baik. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat melakukan klik pada tombol UDS di bagian Pengaturan.

“Kami terus berupaya meningkatkan pengalaman penggunaan smartphone di Indonesia. Dengan fitur UDS, pengguna dapat dengan mudah melihat catatan penggunaan data internet. Kini, mereka punya kendali lebih besar terhadap pemakaian mobile data,” jelas Nitin Bhandari, SVP Products di Opera.

“Fitur UDS yang didukung oleh Opera Max menyediakan lebih dari 50% penghematan data dan menyisakan RAM hingga 11%, yang tentunya sangat menguntungkan bagi pengguna mobile internet di Indonesia,” ungkap Denny Galant, Head of Product Marketing IT&Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

(Kama Adritya/chip.co.id)