Find Us On Social Media :

Inovasi Pertama Kayu Transparan yang Kuat dan Sebening Kaca

By Lila Nathania, Sabtu, 11 Juni 2016 | 10:00 WIB

Inovasi Pertama Kayu Transparan yang Kuat dan Sebening Kaca

Intisari-Online.com – Selama ini kayu yang kita tahu tentu memiliki berbagai pola khas yang menunjukkan jenisnya. Namun sekarang telah ditemukan inovasi pertama kayu transparan yang kuat dan sebening kaca.

Penemuan kayu sebening kaca ini benar-benar merupakan terobosan baru. Kayu ini sangat ramah lingkungan dan kelak bisa dipakai untuk menggantikan kaca-kaca pada jendela atau gedung bertingkat. Kayu transparan ini juga jauh lebih kuat ketimbang kaca sehingga sangat efektif untuk digunakan.

Kayu transparan ini ditemukan oleh para peneliti dari University of Maryland. Bahan bakunya tentu berasal dari kayu. Prosesnya sendiri ternyata tidak terlalu rumit seperti yang mungkin Anda kira. Pertama-tama, kayu akan direbus dalam tabung berisi air, sodium hidroksida, dan beberapa bahan kimia lainnya. Proses perebusan kayu ini akan memakan waktu dua jam.

Proses ini membuat lignin, senyawa polimer yang membuat kayu memiliki warna cokelat menjadi hilang. Pada tahap ini, kayu akan berubah warna menjadi putih susu. Setelah berwarna putih, kayu akan direndam dalam epoxy. Langkah ini membuat kayu berubah menjadi bening sekaligus meningkatkan kekuatannya.

Saat serat kayu digabungkan dengan epoxy, partikel-partikel kecil pada kayu menjadi bening dan bisa menyalurkan cahaya. Hasil dari proses ini sangat hebat. Kayu menjadi bening seperti kaca es. Kesempatan untuk membuat berbagai inovasi baru dengan teknologi ini pun sangat luas.

(New York Magazine)