Find Us On Social Media :

Drumi, Mesin Cuci 'Portable' yang Ramah Lingkungan

By Wahyuni Sahara, Jumat, 24 Juni 2016 | 11:30 WIB

Drumi, Mesin Cuci 'Portable' yang Ramah Lingkungan

Intisari-Online.com –  Biasanya mesin cuci identik dengan ukuran yang cukup besar, membutuhkan air yang banyak, harus terhubung dengan saluran air, dan harus menggunakan listrik.

Yirego sebuah perusahaan elektronik asal Toronto, Kanada terinpsirasi untuk membuat Drumi, mesin cuci yang tidak membutuhkan itu semua. Drumi hanya memiliki berat 7 kg dan tingginya 56 cm.

Mesin cuci ini tidak harus menggunakan listrik tetapi hanya menggunakan tenaga gerakan kaki pada pedalnya. Kita pun hanya membutuhkan 5 liter air untuk mencuci. Sifatnya yang portable sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Tidak membutuhkan deterjen khusus untuk mesin cuci ini. Dan tak perlu menghubung Drumi dengan saluran air, karena air hanya dimasukkan secara manual saja.Yirego mengklaim bahwa jumlah air dan deterjen yang dibuthkan 80 % lebih sedikit dari mesin cuci pada umumnya.

Mesin cuci yang bersifat ramah lingkungan ini bersifat tahan air sehingga bisa disimpan di mana saja. Drumi bukan ditujukan untuk menggantikan mesin cuci konvensional, tapi bisa membantu para orang tua untuk mencuci kebutuhan bayi atau juga untuk para pecinta kegiatan outdoor.

Pada saat menyuci, Drumi hanya memerlukan waktu selama 10 menit. Pengoperasiannya juga mudah, dengan cara mengangkat tutup plastik dan masukkan cucian dan air sebanyak 5 liter, lalu tutup serta tambahkan detergen kemudian pompa pedanyal selama 2 menit.

Setelah selesai, tekan tombol untuk membuang air sabun, tambahkan lagi 5 liter air, lalu pompa selama 2 menit untuk membilas. Dan terakhir, buang kembali air dan pompa 1 menit untuk mengeringkan.

(Berbagai Sumber)