Find Us On Social Media :

Nimb, Cincin Ajaib yang Akan Membuat Kita Aman

By Bramantyo Indirawan, Jumat, 8 Juli 2016 | 10:00 WIB

Nimb, Cincin Ajaib yang Akan Membuat Kita Aman

Intisari-Online.com – Teknologi telah memanfaatkan sandang dan barang-barang yang bisa digunakanoleh kita melalui berbagai inovasi. Dengan panggilan wearable technology atau “teknologi yang bisa dipakai”, muncul berbagai produk seperti jam, kacamata, gelang, hingga baju yang terintegrasi dengan teknologi canggih.

Dengan berbagai manfaat yang dapat digunakan, ide muncul untuk membuat produk yang bisa memberikan keamanan lebih pada para penggunanya. Nimb menjadi jawaban dari teknologi yang bisa dipakai tersebut. Sebuah cincin ajaib yang bisa membuat kita aman. Bagaimana ya caranya?

Nimb adalah startup berbentuk cincin yang memberikan keamanan dengan menghubungi kontak orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, hingga aparat saat kita membutuhkan pertolongan. Cincin yang juga berfungsi sebagai aksesoris jari kita ini akan mengirimkan sinyal pertolongan apabila kita mengalami sebuah bahaya.

Kita hanya perlu menekan sebuah tombol di cincin ajaib ini selama tiga detik untuk memberitahu sekelompok orang yang dipilih oleh kita sebagai pengguna. Cincin tersebut terkoneksi melalui telepon kita dan akan mengirimkan lokasi melalui GPS ke kontak-kontak yang dipilih.

Nimb memiliki umurbaterai hingga dua minggu dan akan memberikan sinyal tanda apabila kita tidak menggunakannya. Aplikasi Nimb juga mengijinkan kita untuk memberikan sinyal bahaya melalui telepon kita apabila tidak menggunakannya. Aplikasi cincin itu sendiri dapat digunakan melalui telepon pintar bersistem operasi ios dan android.

Selain itu Nimb juga berharap membangun komunitas dengan pengguna Nimb lainnya yang bisa saling membantu apabila mereka saling menyalakan lokasi mereka satu sama lain. Apabila menyalakan fitur tersebut pengguna cincin tersebut dapat menerima sinyal peringatan kita dan sebaliknya.

Sebut saja perempuan yang berjalan malam hari mendapat ancaman dari orang lain, maka ia akan menggunakan Nimb untuk mencari pertolongan. Dengan menekan tombol yang ia kirimkan ke teman, keluarga, kantor polisi, hingga pengguna Nimb lainnya, ia akan membagi lokasinya agar bisa ditolong.

Perusahaan ini berpusat di Los Altos, California dan berencana untuk meluncurkan produknya setelah mendapatkan respon positif dari Kickstarter. Mereka mendapat dukungan dana sebesar 50,000 dolar AS (sekitar 658 juta rupiah) yang merupakan target hanya dengan 18 jam setelah mereka memulai kampanyenya.

Jadi bagaimana? Apakah Anda akan merasa aman apabila memiliki cincin ajaib ini? Teknologi yang bisa dipakai semakin kreatif dengan berbagai fungsinya sendiri. Dengan harapan pembuatnya, Nimb akan meningkatkan keamanan para penggunanya melalui fitur pengiriman lokasinya.

(cnet.com/nimb.com)