Find Us On Social Media :

Prabu Siliwangi dan Kejayaan Kerajaan Sunda di Pulau Jawa

By Afif Khoirul M, Selasa, 22 Agustus 2023 | 13:10 WIB

Ilustrasi - Peabu Siliwangi pernah membawa pajajaran pada puncak kejayaan.

Intisari-online.com - Prabu Siliwangi adalah salah satu tokoh legendaris dalam sejarah Nusantara, khususnya di wilayah Tatar Sunda.

Ia digambarkan sebagai raja agung Kerajaan Sunda Pajajaran yang bercorak Hindu sebelum berkembangnya Islam di Pulau Jawa.

Ia dikenal sebagai raja yang sakti, cakap, gagah perkasa, adil, dan bijaksana yang berhasil membawa rakyat dan kerajaannya menuju era kejayaan dan kemakmuran.

Namun, siapakah sebenarnya Prabu Siliwangi? Apakah ia merupakan tokoh nyata atau hanya mitos belaka?

Bagaimana pula kisah kejayaan dan kemunduran Kerajaan Sunda yang pernah menguasai sebagian besar wilayah barat Pulau Jawa?

Tokoh Sejarah atau Mitologi?

Prabu Siliwangi adalah nama populer yang diberikan oleh tradisi lisan Sunda kepada raja agung Sunda tanpa memperhatikan era atau kurun waktu sejarahnya.

Sulit untuk memastikan dan mengidentifikasi siapakah tokoh sejarah yang dimaksudkan sebagai Prabu Siliwangi yang legendaris ini.

Akibatnya, kisah mengenai raja legendaris ini membentang dari era mitologi yang terkait kisah dewa-dewi Sunda kuno, hingga ke zaman kemudian saat datangnya ajaran Islam ke Tatar Sunda menjelang keruntuhan kerajaan Sunda Pajajaran.

Beberapa pihak telah mengajukan pendapat mengenai siapa tokoh sejarah nyata yang menginspirasi kisah Prabu Siliwangi ini.

Penafsiran paling populer mengaitkan Prabu Siliwangi dengan tokoh sejarah raja Sunda bernama Sri Baduga Maharaja yang disebutkan bertakhta di Pajajaran pada kurun 1482–1521.

Ia adalah raja pertama Kerajaan Pajajaran yang berkuasa antara 1482-1521.