Find Us On Social Media :

Engine On, Pokemon Off: Berhenti Bermain Pokemon Go saat Mengemudi!

By Ade Sulaeman, Senin, 18 Juli 2016 | 10:00 WIB

Engine On, Pokemon Off: Berhenti Bermain Pokemon Go saat Mengemudi!

Intisari-Online.com - Salah satu dampak buruk dan cenderung berbahaya dari bermain Pokemon Go adalah mereka yang tetap bermain meski sedang mengendarai mobil. Padahal, kondisi ini sangat mungkin memicu kecelakaan lalu lintas.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) mengungkapkan, jika bermain sambil berkendara, potensi terjadinya kecelakaan sangat besar. Sebab, mengemudi atau mengendarai itu membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi.

“Sebaiknya kita harus punya semacam tindakan atau ucapan, seperti Engine On, Pokemon Off. Ketika bawa mobil atau motor tidak sambil bermain permainan itu,” ujar Jusri saat dihubungi Otomania, Minggu (17/7/2016).

Jusri melanjutkan, monster-monster yang ada dipermainan tersebut ada di mana saja, sehingga bisa saja orang bermain sambil mengemudi. Jika konsentrasi terbagi menjadi dua, maka mobil yang seharusnya berhenti menjadi terus melaju dan sebaliknya.

“Kalau sudah seperti itu, pasti akan terjadi kecelakaan. Di negara lain sudah ada kecelakaan karena bermain Pokemon Go, tetapi jumlahnya saya kurang tahu berapa. Jangan sampai di Indonesia seperti itu,” ucap Jusri.

Jadi, lanjut Jusri, sebaiknya bermain ketika kondisi atau posisi sedang tidak berkendara. Misal, sedang berada di rumah atau kumpul dengan teman-teman di suatu tempat. “Jangan sampai permainan ini justru menjadi masalah bagi pengendara,” kata Jusri.

(Aditya Maulana/otomania.com)