Find Us On Social Media :

Berikan Tipe Tindakan Sosial yang Sesuai dengan Teori Max Weber

By Afif Khoirul M, Jumat, 18 Agustus 2023 | 14:15 WIB

Ilustrasi - Bagaimana tindakan sosial menurut teori Max Weber.

Intisari-online.com - Dalam soal IPS kelas X halaman 141 memuat soal berjudul "

Jawaban:

Ani hendak berbelanja alat tulis. Sebelum dia memutuskan di mana akan membeli alat tulis, dia memilih toko mana yang menawarkan harga paling murah dengan kualitas barang yang setara. Dia mengecek harga alat tulis yang hendak dibeli melalui katalog daring sehingga dapat membantu dia untuk memutuskan pilihannya. Akhirnya dia memilih untuk membeli alat tulis di toko C, dengan pertimbangan toko tersebut telah menawarkan harga terendah dengan kualitas barang yang baik.

Berdasarkan artikel tersebut, tipe tindakan sosial yang dilakukan Ani sesuai dengan teori Max Weber yaitu tindakan rasionalitas instrumental:

Tindakan rasionalitas instrumental adalah tindakan yang dilakukan dengan jalan memperhitungkan kesesuaian antara cara yang digunakan dan tujuan yang akan dicapai.

Tindakan ini memiliki sifat yang rasional atau masuk akal.

Ani melakukan tindakan rasionalitas instrumental karena dia berusaha mencari toko yang memberikan harga terbaik untuk alat tulis yang dia butuhkan.

Dia menggunakan katalog daring sebagai cara untuk membandingkan harga dan kualitas barang dari berbagai toko.

Dia tidak terpengaruh oleh faktor-faktor lain seperti tradisi, emosi, atau nilai.

Tujuan Ani adalah mendapatkan alat tulis dengan harga murah dan kualitas baik, dan dia berhasil mencapainya dengan cara yang rasional.

Soal : Lembaga sosial yang ada pada tabel tersebut termasuk jenis