Find Us On Social Media :

Deep Blue, Salah Satu Hiu Putih Terbesar Akhirnya Ditemukan di Pantai Meksiko

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 13 November 2015 | 08:00 WIB

Deep Blue, Salah Satu Hiu Putih Terbesar Akhirnya Ditemukan di Pantai Meksiko

Intisari-Online.com - Salah satu hiu putih terbesar bernama Deep Blue baru saja ditemukan di pantai Meksiko. Hewan yang memiliki panjang hampir enam meter itu pertama kali muncul pada 2013 di mana fotonya menyebar luas di internet.

Penyelam Mauricio Hoyos Padilla merekam pergerakan hiu itu sementara beberapa peneliti menyelam di dalam kandang yang khusus digunakan untuk meneliti spesies ini lebih lanjut. Menurut laporan Mirror.co.uk, hiu itu mula-mula menyelam mendekati kandang tersebut sebelum akhirnya perlahan-lahan berenang menuju Padilla.

Dengan berani Padilla meluncur melewati hiu raksasa itu dan mengambil gambar gigi besarnya yang tajam. Perkiraan sementara itu adalah Deep Blue berusia 50 tahun yang sedang hamil tua. Setelah itu, Deep Blue “memimpin” para peneliti menuju tempat di mana ia biasa berburu. Hiu itu membawa para peneliti ke sebuah kolono gajah laut.

 

Para peneliti yakin bahwa hiu itu memang Deep Blue mengingat adanya bekas luka di tubuhnya. Ikan dengan panjang 20 kaki itu memiliki bekas luka di sirip punggung dan ekornya. Juga sebuah lubang besar di tubuh bagian kanannya.

 

Penampakannya baru-baru ini mengindikasikan bahwa konservasi yang dicanangkan sebelumnya telah berjalan dengan efektif.

Pada 2014, Daily Offbeat menerbitkan sebuah artikel tentang pertemuan seorang pria dengan hiu raksasa itu, yang juga merekamnya dalam sebuah video berdurasi 15 menit. Namun, alih-alih mendapatkan pujian, video itu justru kebanjiran kritik karena dianggap sebagai bagian dari ikan GoPro.