Find Us On Social Media :

Needlefish Jadi Ikan Pertama yang Melompat Keluar dair Air dan Menyerang Mangsanya di Udara

By Ade Sulaeman, Selasa, 17 November 2015 | 10:30 WIB

Needlefish Jadi Ikan Pertama yang Melompat Keluar dair Air dan Menyerang Mangsanya di Udara

Intisari-Online.com - Ini merupakan salah satu lompatan kecil untuk seekor ikan, tetapi sebuah lompatan besar untuk ikan jenis ini. Needlefish terlihat melompat keluar dari air sebelum menyerang mangsanya di perairan dekat Pulau Heron dan North Stradbroke Island di Queensland, Australia.

"Hal ini, sejauh yang kami tahu, merupakan pertama kalinya seekor ikan melompat keluar dari air untuk menyerang mangsa," kata Ryan Day dari University of Tasmania di Hobart, Australia.

Needlefish hidup dan makan di daerah permukaan perairan pantai tropis dan subtropis. Mereka terkenal karena ekor yang nampak di atas permukaan air, dan melompat keluar pada kecepatan hingga 65 kilometer per jam untuk menghindari predator seperti lumba-lumba. Ikan proyektil ini bisa pula melukai manusia malang, yang menghalangi jalan mereka.

Sekarang tampaknya mereka dapat memanfaatkan bakat melompat mereka untuk berburu ikan kecil, yang biasanya mereka tangkap pada jarak sekitar 1 sampai 2 meter.

Day menduga strategi ini, memungkinkan mereka untuk memperluas jangkauan serangan hingga empat kali lipat sebelum mereka menyerang. "Setelah melompat keluar dari air, pada dasarnya ikan tak terlihat", katanya.

Day mengungkapkan, ketika Needlefish mencoba untuk menyerang mangsanya tanpa melompat, berbagai serangan mereka lakukan di jarak sekitar 50 cm. Dengan lompatan, serangan ini meluas sekitar 2 meter, sehingga sulit bagi mangsa untuk melarikan diri.

Needlefish bukan satu-satunya ikan yang bisa melompat di atas permukaan air. Kerabat mereka dari Beloniformes family, seperti ikan terbang dan halfbeaks, melakukannya juga, tapi bagi mereka manuver adalah cara untuk menghindari predator daripada menyerang mangsa.

(K.N Rosandrani/nationalgeographic.co.id)