Find Us On Social Media :

10 Fakta Mengejutkan Tentang Kecoa (2)

By Monalisa Darwin D, Senin, 23 November 2015 | 07:00 WIB

10 Fakta Mengejutkan Tentang Kecoa (2)

Intisari-Online.com - Sebagian orang membenci kecoa karena dianggap sebagai hewan yang menjijikan. Debbie Hadley, ahli serangga mengatakan bahwa kecoa nyatany tidak seburuk yang kita bayangkan, bahkan kecoa ada yang lebih tenang atau bersikap dingin. Masih banyak fakta mengejutkan tentang kecoa yang mungkin belum kita ketahui:

5. Kecoa menetaskan telurnya di kantung atau kapsulnya, yaitu oothecae

Ibu kecoak melindungi telur-telurnya dengan membungkus mereka dalam sebuah tempat pelindung tebal yang disebut ootheca. Kecoak Jerman dapat membungkus sebanyak 40 telur dalam satu ootheca, sedangkan kecoak Amerika hanya sekitar 14 telur. Beberapa kecoal betina akan membaca ootheca bersamanya sampai telur siap menetas, sebagian lainnya akan menjatuhkan ootheca-nya.

6. Kecoak mendapat vitamin dari bakteri yang hidup di tubuh mereka

Selama jutaan tahun, kecoak memiliki hubungan simbiosis dengan bakteri khusus dalam tubuh mereka. Bakteri hidup dalam sel khusus yang disebut mycetocytes. Sebagai imbalan atas hidup yang nyaman dalam jaringan lemak kecoak, bakteri memproduksi semua vitamin dan asam amino yang diperlukan kecoak untuk hidup. Mungkin ini yang menyebabkan kecoak dapat makan apa saja yang ia temukan tanpa memperhatikan nilai gizi untuk mereka hidup.

7. Kecoak dapat hidup berminggu-minggu tanpa kepala

Ahli entomologi benar-benar memenggal kepala kecoak  untuk mempelajari fenomena ini. Kecoak masih dapat menanggapi rangsangan dengan menggeliatkan kakinya selama satu hingga dua minggu setelah kepalanya dipenggal. Hal ini karena kepala kecoak bukan yang paling penting untuk menjalankan fungsi tubuh. Kecoak memiliki sistem peredaran darah terbuka, sehingga selama penggumpalan luka biasa, mereka tidak rentan terhadap darah yang keluar. Pernapasan kecoak juga terjadi di spirakel sepanjang sisi tubuh mereka.