Find Us On Social Media :

10 Fakta Mengejutkan Tentang Kecoa (3)

By Monalisa Darwin D, Senin, 23 November 2015 | 08:00 WIB

10 Fakta Mengejutkan Tentang Kecoa (3)

Intisari-Online.com - Sebagian orang membenci kecoa karena dianggap sebagai hewan yang menjijikan. Debbie Hadley, ahli serangga mengatakan bahwa kecoa nyatany tidak seburuk yang kita bayangkan, bahkan kecoa ada yang lebih tenang atau bersikap dingin. Masih banyak fakta mengejutkan tentang kecoa yang mungkin belum kita ketahui:

8. Kecoak berjalan sangat cepat

Kita sudah sering melihat jika ada kecoa dalam keadaan gelap dan kita menyalakan lampu, maka mereka akan bergegas pergi. Kecoak mendeteksi ancaman dengan merasakan perubahan arus udara. Ketika merasakan adanya hembusan udara di bagian belakangnya, maka ia akan dengan cepat berlari hingga kecepatan 80cm per detik.

9. Kecoak di daerah tropis lebih besar

Jika kita beranggapan kecoak didapur atau rumah kita adalah besar, ternyata salah. Kecoak di daerah tropis ternyata memiliki ukuran yang lebih besar, bahkan terbilang raksasa. Jenis megaloblatta longipennis memiliki lebar sayap 18 cm atau 7 inci dan kecoa badak Australia memiliki berat mencapai 33,5 cm.

10. Kecoak bisa dikondisikan

Makoto Mizunami dan Hidehiro Watanabe dari Tohoku University menemukan bahwa kecoak juga bisa dikondisikan seperti anjing dengan air liur. Mereka memperkenalkan aroma vanili atau peppermint sebelum memberikan perlakuan manis kepada kecoak. Akhirnya, kecoak akan ngiler ketika antena mereka terdeteksi salah satu aroma ini di udara.

Nah, itu dia 10 fakta mengejutkan tentang kecoak yang mungkin belum kita ketahui. Meski sebagian besar dari kita membenci kecoak, tapi tak ada salahnya mengetahui lebih banyak fakta mengenai hewan kecil ini, bukan? (about.com)