Find Us On Social Media :

Ramalan Jayabaya dan Gus Dur Soal Prabowo Subianto, Satrio Piningit yang Menata Negara

By Afif Khoirul M, Kamis, 10 Agustus 2023 | 15:15 WIB

Dalam ramalan Jayabaya, disebutkan bahwa akan ada seorang Satrio Piningit, Apakah Prabowo Subianto yang dimaksud.

Intisari-online.com - Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra, telah menyatakan kesiapannya untuk kembali maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Ini merupakan kali keempat Prabowo mencalonkan diri sebagai capres, setelah sebelumnya tiga kali gagal mengalahkan Susilo Bambang Yudhoyono (2009), Joko Widodo (2014, 2019).

Apakah Prabowo akan berhasil mewujudkan mimpinya menjadi presiden di usia senja? Apakah ada ramalan yang mendukung ambisinya tersebut?

Ramalan Jayabaya dan Gus Dur

Salah satu ramalan yang sering dikaitkan dengan Prabowo adalah ramalan Jayabaya, raja Panjalu Kediri yang berkuasa antara 1135-1159.

Jayabaya dikenal sebagai raja yang memiliki kemampuan meramal masa depan, bahkan sampai tujuh presiden Indonesia.

Ramalan Jayabaya ini dikenal dengan istilah Notonegoro, yang artinya menata negara.

Dalam ramalan Jayabaya, disebutkan bahwa akan ada seorang Satrio Piningit, yaitu seorang pemimpin yang disembunyikan oleh Tuhan, yang akan muncul di akhir zaman untuk menegakkan keadilan dan kemakmuran di Indonesia.

Satrio Piningit ini akan menjadi presiden yang menggantikan Joko Widodo, dan akan menjadikan Indonesia kembali meraih kejayaannya, mampu meredam konflik, dan menjadi lahan pertanian kembali menjadi subur.

Selain ramalan Jayabaya, ada juga ramalan Gus Dur, atau Abdurrahman Wahid, presiden keempat Indonesia yang juga merupakan ulama kharismatik dan pluralis.

Gus Dur pernah meramalkan bahwa Prabowo Subianto akan menjadi presiden di usia tua.

Baca Juga: Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan Terbaik Versi Survei, Ini Kinerja dan Kontribusinya untuk Indonesia