Find Us On Social Media :

Penderita Kanker ini Mendapat Tulang Rusuk Pertama yang Dibuat dengan Teknologi Percetakan 3D

By Lila Nathania, Sabtu, 28 November 2015 | 14:30 WIB

Penderita Kanker ini Mendapat Tulang Rusuk Pertama yang Dibuat dengan Teknologi Percetakan 3D

Intisari-Online.com – Tulang rusuk ternyata sekarang bisa dibuat dengan teknologi percetakan 3D. Penderita kanker ini mendapatkan tulang rusuk pertama di dunia yang dibuat dengan teknologi tersebut.

Baru-baru ini ada kabar menyenangkan dari dunia teknologi kesehatan. Telah berhasil dibuat sebuah tulang rusuk buatan dari titanium untuk penderita kanker yang rusak tulangnya. Orang pertama yang beruntung mendapatkan tulang titanium tersebut adalah pria asal Spanyol penderita sarcoma. Sarcoma sendiri adalah jenis kanker yang merusak lapisan jaringan bagian dalam, tepatnya pada bagian dalam tulang, pembuluh darah, dan otot.

Penyakit sarcoma ini biasanya tumbuh di tulang rusuk. Biasanya penderita penyakit ini harus diambil rusuknya bila sudah tak tertolong. Tulang rusuk selama ini tidak bisa diganti karena cukup rumit dan harus bisa fleksibel ketika dada mengembang saat kita bernapas. Jadi selama ini belum pernah berhasil ditemukan pengganti tulang rusuk yang rusak.

Untungnya, sekarang sudah ditemukan solusi untuk orang yang kehilangan rusuknya. Para peneliti dari University Hospital of Salamanca bekerjasama dengan perusahaan Anatomics yang berbasis di Melbourne untuk membuat tulang rusuk buatan dari titanium.

Tulang rusuk ini dibuat dengan teknologi resolusi tinggi CT scan dan dicetak dengan printer tiga dimensi senilai 17 miliar rupiah. Dengan teknologi ini sang pasien yang menggunakan tulang rusuk buatan sudah boleh pulang dan tidak mengalami masalah apapun.

(architecturendesign.net)