Find Us On Social Media :

Boeing 757, Pesawat Pertama yang Membuat Sejarah dengan Mendarat di Landasan Es Antartika

By Lila Nathania, Minggu, 6 Desember 2015 | 15:30 WIB

Boeing 757, Pesawat Pertama yang Membuat Sejarah dengan Mendarat di Landasan Es Antartika

Intisari-Online.com – Selama ini satu-satunya landasan pesawat yang kita tahu pasti terbuat dari aspal. Inilah Boeing 757, pesawat pertama yang membuat sejarah dengan mendarat di landasan es Antartika.

Kabar gembira baru saja datang dari maskapai komersial Loftleider Icelandic Airlines. Mereka berhasil melakukan tes percobaan pertama pendaratan pesawat di es. Untuk melakukan tes pendaratan ini mereka sudah bekerja keras selama tujuh bulan mempersiapkan segala hal.

Dengan berhasilnya percobaan ini, mulai sekarang akan dilakukan penelitian lanjutan untuk melihat potensi melengkapi teknologi pesawat dengan kemampuan mendarat di es. Semua ini tentu dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan serta keamanan penumpang pesawat.

Kemampuan untuk dapat mendarat di es ini tentu akan sangat bermanfaat kelak. Pasalnya, ada banyak turis yang inin berkunjung ke Mount Vinson, puncak tertinggi di Antartika. Banyak juga pengunjung yang ingin melihat penguin emperor di pesisir Weddell Sea.

Jika teknologi ini bisa ditetapkan, tentu akan sangat menguntungkan bagi para turis yang ingin pergi ke Antartika. misi pendaratan pesawat di lapisan es sendiri ternyata sudah pernah dilakukan tahun 2008 lalu oleh pesawat Airbus A319. Boeing 757 ini mendapat gelar pesawat pertama yang bisa mendarat di landasan es Antartika juga sebab jenis pesawatnya berbeda dengan Airbus.

 (theguardian.com)