Find Us On Social Media :

Teleskop Hubble Berhasil Menangkap Foto Menakjubkan Bintang yang Baru Saja Lahir

By Lila Nathania, Minggu, 20 Desember 2015 | 15:30 WIB

Teleskop Hubble Berhasil Menangkap Foto Menakjubkan Bintang yang Baru Saja Lahir

Intisari-Online.com – Foto bayi manusia tentu sudah sering Anda lihat. Bagaimana dengan bayi bintang? Teleskop Hubble berhasil menangkap foto menakjubkan bintang yang barusan lahir.

Baru-baru ini teleskop Hubble barusan berhasil menangkap foto bintang yang barusan lahir. Bintang baru ini diberi nama HH 24 dan merupakan bagian dari Orion Molecular Cloud Complex, sebuah gugusan nebula yang terletak 1.350 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang sendiri terbentuk gegara awan molekular raksasa. Awalnya mereka pecah menjadi kecil dan kemudian menjadi padat sehingga terbentuklah fusi nuklir pada bagian intinya. Setelah melalui proses itu, terbentuklah sebuah protostar. Fase protostar ini bisa bertahan hingga 10 juta tahun.

Setelah kelahiran bintang tersebut, protostar akan menyebarkan awan yang mengelilingi dirinya sendiri. Awan tersebut akan membentuk piringan di sekitar sang bintang. Makin banyak benda-benda yang jatuh ke protostar tersebut, maka makin aktif pula protostar tersebut.

Kejadian kelahiran bintang baru ini berhasil direkam oleh teleskop Hubble dengan menggunakan kamera infra merah. Kepulan gas dan debu terlihat mengelilingi bintang muda tersebut. Dengan cahaya inframerah, para astronom bisa melihat adanya bintang dibalik kepulan awan tebal tersebut.

Dengan berjalannya waktu, awan tersebut akan makin menyebar dan sang bintang kelak semakin terlihat. Itulah proses kelahiran bintang baru yang berhasil direkam. Menakjubkan sekali bukan foto bintang ini?

(iflscience.com)