Find Us On Social Media :

Studi: Ibu Hamil di Usia 30-an Tahun Cenderung Melahirkan Bayi Cerdas dan Sehat

By Moh Habib Asyhad, Senin, 21 Desember 2015 | 11:00 WIB

Studi: Ibu Hamil di Usia 30-an Tahun Cenderung Melahirkan Bayi Cerdas dan Sehat

Intisari-Online.com - Para peneliti di London School of Economics telah memeriksa data dari Millenium Cohort Study perihal bagaimana usia ibu mempengaruhi perkembangan anak. Dan mereka menemukan, ibu yang hamil di usia 30-an tahun cenderung melahirkan bayi yang cerdas dan sehat.

Sebanyak 18 ribu anak dilibatkan dalam penelitian ini, rata-rata berusia lima tahun.

Pada penelitian yang dipublikasin di jurnal Biodermography and Social Biology ini, pada peneliti menyebut bayi dari ibu yang berusia 30-an tahun memiliki nilai kognitif tertinggi dibandingkan mereka yang melahirkan di usia 20-an. Mereka juga sedikit lebih baik dibanding menjadi ibu pertama di usia 40-an.

Kepada The Times, Dr Alice Goisis, menjelaskan: “Menjadi ibu pertama di usia 30-an tahun, misalnya, cenderung lebih berpendidikan, memiliki pendapatan yang lebih tinggi, dan lebih mungkin berada dalam hubungan yang stabil, memiliki gaya hidup yang sehat, lebih peduli terhadap perawatan prakelahiran, dan memiliki rencana kelahiran yang matang.”

Sementar anak-anak yang lahir dari ibu berusia 40-an tahun cenderung rentan menderita obesitas. Lebih dari itu, ibu-ibu di usia ini cenderung kurang bisa bermain (bukan menghabiskan waktu) bersama dengan si anak. Meski demikian, para peneliti masih akan melakukan penelitian lebih terperinci dari kelompok umur ini.

Meski demikian, tambah para peneliti, ibu-ibu tua memiliki sisi positif. Bahwa mereka cenderung tidak merokok, dan lebih mungkin untuk menyusui.