Find Us On Social Media :

Gigi Orang Amerika Ternyata Lebih Buruk Dibanding Gigi Orang Inggris

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 22 Desember 2015 | 16:15 WIB

Gigi Orang Amerika Ternyata Lebih Buruk Dibanding Gigi Orang Inggris

Intisari-Online.com - Ada anggapan yang menyebut bahwa gigi orang Inggris lebih buruk dibanding milik orang Amerika. Padahal sebaliknya; gigi orang Amerika ternyata lebih buruk dibanding gigi-geligi orang-orang Inggris. Sebuah penelitian terbaru membuktikan, gigi orang Amerika memiliki kesehatan yang cukup buruk.

Studi yang dilakukan oleh gabungan peneliti Inggris dan Amerika ini menemukan, rata-rata jumlah gigi orang Amerika yang hilang lebih tinggi dibanding orang Inggris. Amerika 7,31, sementara Inggris 6,97. Kondisi sosial-ekonomi di Amerika Serikat juga mempengaruhi kualitas gigi-geligi warganya.

Para peneliti memeriksa data dari ribuan orang dari English Adult Dental Health Survey dan US National Health and Nutrition Examination Survey. Dari situ kemudian diketahui ternyata kesenjangan pendidikan dan pendapatan juga berpengaruh terhadap kondisi gigi di tiapt-tiap wilayah.

“Kesimpulan kami telah menunjukkan bahwa kesehatan mulut orang Amerika tidak lebih baik dari orang Inggris,” ujar para peneliti dari University College London (UCL), yang menjadi bagian dari penelitian ini.

Seperti disebut di awal, temuan ini mematahkan anggapan sebelumnya yang menyebut gigi-geligi orang Amerika lebih bagus dari orang Inggris, yang sudah bertahan sekitar 100 tahun. Bahkan anggapan itu tertular pada beberapa iklan pasta gigi yang begitu membanggakan gigi orang-orang Amerika. Bahkan juga dibawa ke beberapa karakter film, seperti The Simpson dan Austin Power.

Temuan ini telah dipublikasi di jurnal British Medical Journal edisi “Natal”.