Find Us On Social Media :

Seperti dalam Film The Martian, NASA akan Coba Tanam Kentang di Mars

By Lila Nathania, Kamis, 24 Desember 2015 | 14:00 WIB

Seperti dalam Film The Martian, NASA akan Coba Tanam Kentang di Mars

Intisari-Online.com – Apa yang selama ini hanya ada dalam film-film sains ilmiah sepertinya bisa menjadi kenyataan dengan adanya teknologi termutakhir. Salah satu kabar terbarunya adalah NASA akan coba tanam kentang di Mars seperti dalam film ‘The Martian’.

Jika suatu hari nanti kita bisa pindah ke Mars dan menetap di sana, apa yang bisa kita makan? Jawabannya mungkin adalah kentang. Bila Anda sudah menonton film ‘The Martian’, ide ini mungkin sudah tak asing lagi. Film yang dibintangi oleh Matt Damon tersebut memang dipuji banyak orang karena akurasinya yang tinggi secara ilmu pengetahuan.

Beberapa waktu lalu muncul kabar gembira dari NASA. Mereka akan bekerjasama dengan International Potato Center untuk mengecek apakah ide tersebut memang benar-benar bisa diwujudkan. Proyek ini difokuskan pada penanaman makanan di area luar angkasa. Selain di luar angkasa, proyek ini juga dibutuhkan bila suatu hari nanti iklim bumi jadi kian ekstrem dan manusia perlu strategi khusus dalam bercocok tanam.

Dalam eksperimen ini akan digunakan tanah yang paling mirip dengan tanah yang ditemukan pada Planet Mars. Tanah tersebut berasal dari padang pasir Pampas de La Joya, Peru. Para ilmuwan akan membuat atmosfer seperti di Mars yaitu komposisi udara 95,32% karbon dioksida dan 0,13% oksigen.

Tanaman sendiri memang membutuhkan karbon dioksida untuk berfotosintesis sehingga para ilmuwan menduga pertumbuhan kentang akan jauh lebih cepat sekitar dua hingga tiga kali lipat dibandingkan di bumi. Semoga saja proyek ini berhasil sehingga ide untuk bisa menetap di planet lain akan semakin dekat dengan kenyataan.

(iflscience.com)