Find Us On Social Media :

Ternyata di Dunia ini Ada 12 Tipe Pelangi! Sudah Pernahkah Anda Melihat Semuanya?

By Lila Nathania, Kamis, 24 Desember 2015 | 12:30 WIB

Ternyata di Dunia ini Ada 12 Tipe Pelangi! Sudah Pernahkah Anda Melihat Semuanya?

Intisari-Online.com – Berapa banyak jenis pelangi yang Anda tahu? Satu, dua, tiga? Ternyata di dunia ini ada 12 tipe pelangi! Sudah pernahkah Anda melihat semuanya?

Menurut riset terbaru yang dilakukan oleh American Geophysical Union Fall Meeting, ada 12 jenis pelangi di bumi ini. Tipe-tipe ini memiliki perbedaan pada jumlah warna dan kombinasinya. Menurut ketua peneliti, Jean Richard, klasifikasi pelangi menjadi 12 tipe ini adalah yang terbaru.

Selain membuat klasifikasi baru, Richard juga menjelaskan bahwa begitu banyaknya tipe pelangi disebabkan oleh posisi matahari di langit. Hal ini menjadi klarifikasi atas penjelasan sebelumnya yang dulu dianggap benar bahwa variasi pelangi disebabkan oleh ukuran partikel air di udara.

Untuk mendukung fakta terbaru itu Richard menunjukkan berbagai jenis tipe pelangi. Salah satu contoh yang ia berikan adalah sebuah sinar tunggal berwarna merah di langit. Pelangi warna tunggal ini disebabkan oleh posisi matahari yang sangat rendah di langit. Contohnya adalah saat matahari terbit atau terbenam. Dalam kondisi tersebut cahaya dari matahari harus melewati lebih banyak atmosfer bumi ketimbang saat matahari posisinya tinggi di langit. Hasilnya hanya gelombang warna merah yang paling panjang saja yang bisa melewati atmosfer tersebut.

Kesimpulan yang bisa didapat adalah, makin tinggi matahari maka makin banyak pula ragam warna yang muncul dalam pelangi. Secara spesifik warna hijau dan biru dapat terlihat jelas hanya saat sudut matahari lebih dari 70 derajat.

Itulah penjelasan dari klasifikasi baru 12 tipe pelangi.

(iflscience.com)