Find Us On Social Media :

Para Ilmuwan Menemukan Hiu Seperti Ninja

By Lintang Bestari, Sabtu, 26 Desember 2015 | 12:00 WIB

Para Ilmuwan Menemukan Hiu Seperti Ninja

Intisari-Online.com – Para peneliti menemukan hiu bernama lanternshark. Dari tampilan fisiknya, hiu ini mirip dengan ninja. Victoria Vasquez, peneliti, mengatakan hiu tersebut merupakan lanternshark pertama yang ditemukan di perairan Amerika.

Rachel dan timnya berhasil mengidentifikasi hiu tersebut berdasarkan karateristiknya. Seperti photopores (organ tubuh yang bisa mengeluarkan cahaya), dua sirip punggung dengan tulang belakang dan heterodonty dignathic (gigi atas dan gigi bawah yang berbeda). Rachel mengatakan, hiu ninja ini tinggal di lautan terdalam. Mereka memiliki titik kecil yang bisa mengeluarkan cahaya di tubunnya. Cahaya tersebut mereka gunakan untuk berkamuflase di lautan gelam sebelum menangkap mangsanya.

Lanternshark yang baru diidentifikasi ini diberi nama ilmiah Etmoterus benchleyi. Nama tersebut diberikan utnuk menghormati pembuat film “Jaws”, Peter Benchley. Namun, Rachel ingin hiu ini dikenal orang banyak sehingga ia mencari nama yang lebih mudah. Rachel bahkan bertanya kepada sepupunya yang berusia delapan hingga 14 tahun. Bentuknya yang seperti ninja membuat mereka memberi nama hiu ini “Ninja Lanternshark”.

“Nama umum yang kami buat itu berdasarkan warna hiu yaitu hitam gelap yang mengingatkan kita kepada warna seragam seorang ninja. Selain itu, hiu terbaru ini juga memiliki photopores yang lebih sedikit dibanding lanternshark lainnya. Hal itu membuat ia bisa menyelinap tanpa ketahuan musuh seperti ninja,” cerita Rachel. Rachel dan timnya memmpublikasikan hasil penelitiannya mengenai hiu ninja itu di Journal of the Ocean Science Foundation. (huffingtonpost.com)