Find Us On Social Media :

Penemuan Bayi Beruang Kutub Pertama yang Identik dan Terbuahi secara Alamiah

By Lila Nathania, Sabtu, 26 Desember 2015 | 14:00 WIB

Penemuan Bayi Beruang Kutub Pertama yang Identik dan Terbuahi secara Alamiah

Intisari-Online.com – Hewan-hewan yang kembar identik di dunia ini biasanya ada karena campur tangan manusia. Kabar menyenangkannya adalah ada penemuan bayi beruang kutub pertama yang identik dan terbuahi secara alamiah.

Sebuah penelitian terbaru di Kanada menemukan fakta menarik adanya bayi beruang kutub yang kembar identik dan terbuahi secara alamiah. Dua bayi beruang ini tinggal di Western Hudson Bay.

Selama ini beruang kutub memang biasanya melahirkan dua atau tiga bayi. Namun selama ini beberapa bayi yang lahir selalu berasal dari sel telur berbeda sehingga hingga hari ini belum pernah ditemukan bayi beruang kutub identik.

Sejak melakukan penelitian dari tahun 1966 hingga tahun 2011, para ilmuwan sudah meneliti 4.449 beruang. Baru kali ini mereka menemukan dua beruang kutub yang benar-benar identik dan berasal dari sel telur serupa.

Pasangan bayi kembar identik ini berusia du tahun ketika mulai diteliti oleh para ilmuwan pada November 2003 lalu. Mereka memiliki gen yang persis sama. Kemungkinan hal ini terjadi secara kebetulan sangat kecil (satu banding 164 milyar) sehingga para ilmuwan yakin bahwa mereka pasti merupakan kembar identik.

Penemuan unik lain dari penelitian ini adalah bahwa ibu beruang kutub ternyata juga bisa mengadopsi bayi. Bayi beruang kutub yang ibunya mati biasa dirawat dan disusui oleh ibu lainnya. Itulah penemuan terbaru dari beruang kutub.

(iflscience.com)