Find Us On Social Media :

Komet Centaur Raksasa Berpotensi Menghancurkan Bumi

By Lila Nathania, Jumat, 1 Januari 2016 | 12:30 WIB

Komet Centaur Raksasa Berpotensi Menghancurkan Bumi

Intisari-Online.com – Tak hanya dalam film-film fiksi ilmiah, di dunia nyata ternyata komet memang mengancam kehidupan umat manusia. Komet Centaur raksasa berpotensi menghancurkan bumi.

Menurut para astronom dari Armagh Observatory, University of Buckingham, sebuah komet raksasa bernama Centaur berpotensi menghancurkan seluruh kehidupan di bumi. Ukuran komet ini memang besar yaitu sekitar 50-100 kilometer.

Komet raksasa yang mengerikan ini terbentuk dari batu dan es. Centaur sendiri berada di area sekitar Neptunus. Menurut para astronom, komet ini akan mendekat ke orbit bumi sekitar 40.000 hingga 100.000 tahun sekali. Mengerikannya, para ahli memperkitakan bahwa satu komet Centaur massanya hampir setara hingga 100 kalo massa semua asteroid yang sekarang berada di sekitar bumi.

Jika komet ini benar-benar menabrak bumi, para ahli memperkirakan lapisan atmosfer akan dipenuhi oleh partikel-partikel kecil. Apabila hal itu terjadi, maka atmosfer bumi akan dipenuhi partikel kecil dan debu hingga 100.000 tahun. Kondisi ini akan menyebabkan kepunahan semua jenis tanaman di bumi.

Fragmen-fragmen yang besar (berukuran beberapa kilometer) juga akan menyebabkan kerusakan parah di bumi. Menurut para ahli, penyebab punahnya dinosaurus juga disebabkan oleh fragmen-fragmen komet atau meteor seperti ini.

Saat ini memang komet Centaur masih berada jauh dari bumi. Namun kondisi komet ini sendiri tidak terlalu stabil sehingga sulit untuk diprediksi arahnya oleh para astronom. Semoga saja komet ini tak akan pernah mendekati bumi.

(iflscience.com)