Find Us On Social Media :

Old Tjikko, Pohon Tertua di Dunia yang Usianya sudah 9.500 Tahun

By Lila Nathania, Minggu, 3 Januari 2016 | 12:00 WIB

Old Tjikko, Pohon Tertua di Dunia yang Usianya sudah 9.500 Tahun

Intisari-Online.com – Pohon tertua di dunia ini ternyata usianya bukan hanya ratusan namun sudah ribuan tahun. Inilah Old Tjikko, pohon tertua di dunia yang usianya sudah 9.500 tahun.

Pohon tertua di dunia ini berada di Swedia. Pohon berusia 9.500 tahun tersebut diberi nama Old Tjikko dan merupakan spesies pohon Norwegian Spruce. Pohon ini pertama kali ditemukan tahun 2004 lalu oleh seorang professor bernama Kullman. Ia adalah profesor geografi fisika di Umea University.

Menurut Kullman, usia pohon tersebut dihirung menggunakan metode penanggalan karbon-14. Menurut Profesor Kullman, pohon ini sudah hidup sejak zaman es. Pada waktu itu level air laut masih 120 meter lebih rendah dari hari ini.

Pada zaman itu, di antara Inggris dan Norwegia belum ada laut. Kala itu pemisah Inggris dan Norwegia hanyalah hutan yang lebat. Old Tjikko sendiri bukan bohon yang sangat besar atau tinggi. Ia justru bisa berusia tua karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

Kullman berkata bahwa Old Tjikko seperti pohon bonsai. Pohon yang besar justru tidak bisa bertahan hingga ribuan tahun. Karena itulah Old Tjikko yang tidak terlalu besar, seperti bonsai, justru bisa bertahan hingga 9.500 tahun hingga hari ini.

(boredpanda.com)