Find Us On Social Media :

Mengapa Warna Penis Berbeda dengan Bagian Tubuh Lainnya?

By Lila Nathania, Senin, 18 Januari 2016 | 12:30 WIB

Mengapa Warna Penis Berbeda dengan Bagian Tubuh Lainnya?

Intisari-Online.com – Selama ini Anda mungkin sering bertanya-tanya mengapa warna penis berbeda dengan bagian tubuh lainnya? Inilah jawabannya.

Tak hanya berlaku untuk penis, warna organ kelamin pria maupun perempuan memang lebih gelap dari bagian tubuh lainnya. Mengapa bisa begitu? Berikut jawaban dari Dr. Cameron Rokhsar dan Dr. Lindsey Bordone, dua ahli kulit asal New York.

Hal ini disebabkan oleh hormon seks kita. Level hormon dalam tubuh kita memengaruhi aktivitas sel melanosit dalam tubuh. Sel melanosit tersebut memiliki fungsi khusus dalam tubuh manusia yaitu melepaskan melanin, protein pigmen yang membuat kulit kita berwarna.

Nah, produksi sel melanosit ini akan mencapai puncaknya saat manusia memasuki masa puber. Karena itulah bagian kelamin manusia baru akan berwarna lebih gelap ketika kita sudah bertambah umur menjadi dewasa. Saat puber, melanosit akan mendorong munculnya melanin sehingga bagian-bagian kelamin tubuh menjadi lebih gelap.

Dr. Bordone berkata bahwa saat masih muda, puting perempuan warnanya masih muda. Saat bertambah usia, puting ini akan menjadi lebih gelap karena pengaruh hormon. Begitu jugalah yang terjadi pada kelamin pria.

Perubahan warna ini ternyata juga bisa terjadi pada rambut, tak hanya kelamin. Jadi jangan kaget bila ada anak yang saat masih kecil rambutnya berwarna pirang atau cokelat muda namun ketika sudah puber warna rambutnya jadi lebih gelap. Jadi, jangan cemas atau merasa aneh bila bagian kelamin Anda warnanya lebih gelap dari bagian tubuh lainnya.

(iflscience.com)