Find Us On Social Media :

Lamprey, Ikan Prasejarah yang Sudah Hidup sejak Jutaan Tahun Lalu

By Lila Nathania, Minggu, 17 Januari 2016 | 12:00 WIB

Lamprey, Ikan Prasejarah yang Sudah Hidup sejak Jutaan Tahun Lalu

Intisari-Online.com – Di tengah bumi yang makin terkena polusi, ternyata masih ada lamprey, ikan prasejarah yang sudah hidup sejak jutaan tahun lalu. Seperti apakah bentuknya?

Badan lingkungan hidup di Inggris belakangan ini melaporkan adanya penemuan lamprey, sebuah ikan prasejarah. Ikan ini ditemukan di Sungai Derwent, Yorkshire. Terakhir kalinya ikan ini ditemukan adalah pada abad ke-19.

Dulu lamprey cukup sering ditemukan di perairan Inggris. namun sejak masa revolusi industri, ikan ini mulai langka. Ikan yang berbentuk seperti ular ini diduga telah hidup sekitar 200 juta tahun di bumi. Laprey telah ada sebelum era dinosaurus maupun vertebrata lainnya. Tak heran, ikan ini disebut sebagai fosil hidup.

Lamprey sebenarnya tak berbahaya bila mulutnya tertutup. Namun saat ia membuka mulut, Anda bisa melihat ratusan gigi setajam silet yang tersusun dengan pola sirkular.

Menurut keteranan badan lingkungan hidup Inggris, kemunculan kembali lamprey merupakan hasil dari keberhasilan penekanan polusi dan upaya konservasi yang dilakukan selama 100 tahun terakhir.

Ikan lamprey sendiri saat ini masih cukup sulit ditemui di sungai. Karena itulah para ilmuwan saat ini sedang berusaha untuk memelihara lamprey agar spesies ini bisa berkembang dengan baik.

Walau berwujud menakutkan, lamprey tidak berbahaya badi manusia. Kembalinya ikan prasejarah ini ke perairan Inggris merupakan sebuah kabar gembira.

(mongabay.co.id)