Find Us On Social Media :

Di Masa Depan Organ Transplantasi Manusia Diambil dari Organ yang Dibudidayakan dalam Hewan Ternak? (1)

By Lila Nathania, Minggu, 17 Januari 2016 | 06:00 WIB

Di Masa Depan Organ Transplantasi Manusia Diambil dari Organ yang Dibudidayakan dalam Hewan Ternak? (1)

Intisari-Online.com – Ilmu pengetahuan terus berkembang dengan cepat di dunia modern ini. Akankah di masa depan organ transplantasi manusia diambil dari organ yang dibudidayakan dalam hewan ternak?

Sudah bukan rahasia bahwa saat ini makin banyak orang yang menderita berbagai macam penyakit dan membutuhkan organ donor. Para ilmuwan pun mulai melirik opsi pembuatan organ dalam manusia dari stem cell dan membudidayakannya pada hewan ternak. Akankah hal ini sungguh dilakukan?

Teknik ini hingga sekarang masih dianggap kontroversial karena menggabungkan manusia dengan hewan ternak. Proyek yang sering disebut chimera ini sudah pernah diujicobakan pada 20 hewan babi dan kambing tahun lalu namun semuanya digagalkan sebelum benar-benar mencapai tahap sempurna.

Seorang peneliti bahkwan sudah pernah mencoba mengubah gen hewan dan membuat hewan yang berada dalam kandungan itu hanya memiliki organ tertentu yang dibutuhkan dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Kehamilan janin semacam ini biasanya gugur bila dilakukan secara normal. Namun para ilmuwan berhasil membuat janin itu tetap hidup dengan menambahkan sel-sel lain.

Saat ini peneliti sudah membuat penelitian yang kian maju. Mereka bisa menambahkan berbagai macam sel manusia pada embrio hewan ternak. Saat penambahan dilakukan secara sukses, embrio hewan itu akan menghasilkan organ seperti manusia. Jadi organ inilah yang pada akhirnya akan diambil untuk ditransplantasikan pada manusia. Akankah teknologi ini sungguh dilakukan?

(iflscience.com)