Find Us On Social Media :

Jelaskan Mengapa Ilmu Sejarah Bersifat Diakronis dan Sinkronis?

By Afif Khoirul M, Jumat, 28 Juli 2023 | 20:20 WIB

Ilustrasi - Buku Sejarah

Intisari-online.com - Dalam soal IPS kelas X memuat soal berjudul "

Jawaban:

Ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis karena ia mempelajari peristiwa-peristiwa dan fenomena-fenomena sejarah dalam konteks waktu dan ruang yang berbeda.

Analisis diakronis dapat memberikan gambaran perkembangan sejarah dari masa ke masa, sementara analisis sinkronis dapat memberikan gambaran tentang perbandingan sejarah di wilayah yang berbeda pada waktu yang sama.

Contoh analisis diakronis adalah mengkaji bagaimana sistem pemerintahan Indonesia berubah dari masa kolonialisme, kemerdekaan, orde lama, orde baru, reformasi, hingga saat ini.

Contoh analisis sinkronis adalah membandingkan bagaimana kondisi sosial, ekonomi, politik, dan budaya Indonesia dengan negara-negara tetangga pada tahun 2023.

Ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis agar dapat memberikan pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang dinamika sejarah manusia.

Dengan demikian, ilmu sejarah dapat memberikan manfaat bagi generasi sekarang dan masa depan dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ada.

Soal : Jelaskan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer?

Jawaban:

Arsip menjadi sumber sejarah primer karena arsip adalah dokumen tertulis, lisan, atau bergambar dari waktu lampau, disimpan dalam media tulis dan elektronik, yang biasanya dikeluarkan oleh instansi resmi, disimpan dan dipelihara di tempat khusus untuk referensi.