Find Us On Social Media :

Berusia 6.000 Tahun, Sisa-sisa Hutan Tersembunyi Ini Ditemukan Membatu di Inggris

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 20 Januari 2016 | 13:30 WIB

Berusia 6.000 Tahun, Sisa-sisa Hutan Tersembunyi Ini Ditemukan Membatu di Inggris

Intisari-Online.com - Sisa-sisa hutan tersembunyi ditemukan membatu di sebuah pantai di Inggris. Dari pengamatan para ahli, hidden forest itu diperkirakan berusia antara 4.000 hingga 6.000 tahun.

Tunggul pohon berhasil ditemukan setelah diterjang badai yang menghantam pantai Cornwall—fenomena ini terjadi sekali setiap tahun ketika cuaca buruk atau ketika terjadi pasang-surut.

Para pengunjung berbondong-bondong datang ke pantai yang terletak di wilayah Portreath. Mereka ingin melihat seperti apa wujud sisa-sisa hutan tersembunyi yang berusia ribuan tahun itu.

Hutan ini diyakini terbentuk di masa Neolitikum, dan kemudian tenggelam ketika permukaan air mulai naik di sekitar pantai Cornish. Selama ribuan tahun, sisa-sisa hutan tersembunyi ini tenggelam oleh lumpur, pasir, dan gambut, yang kemudian membuatnya mengeras dan membatu.

“Sangat menakjubkan membayangkan bahwa ribuan tahun yang lalu ini adalah hutan,” ujar juru bicara Portreath Association. “Ini pemandangan yang mengesankan. Anda bisa melihat akar dan cabang. Ini sangat menarik untuk dilihat.”

Hutan kuno terakhir ditemukan dua tahun lalu ketika terjadi badai musim dingin di pantai Cornwall. Menyusul kemudian hutan kuno lainnya di Penzance dan Teluk Mount. Menggunakan radiokarbon, pakar geologi percaya bahwa hutan-hutan itu berada di sepanjang teluk antara 4.000-6.000 tahun yang lalu.