Find Us On Social Media :

Bunga Zinnia, Bunga Pertama yang Mekar di Luar Angkasa

By Lintang Bestari, Sabtu, 23 Januari 2016 | 15:40 WIB

Bunga Zinnia, Bunga Pertama yang Mekar di Luar Angkasa

Intisari-Online.com – Para astronaut NASA di International Space Station (ISS) sudah menanam bunga pertama di luar angkasa sejak Agustus 2015 lalu. Dan saat ini, bunga tersebut sudah  mekar! Bunga yang ditanam itu merupakan jenis zinnia berwarna oranye. Bunga zinnia itu berada di laboratorium “Veggie” di luar angkasa yang sudah dibangun sejak 2014.  

Menumbuhkan bahan makanan di luar angkasa merupakan langkah besar yang diambil para astronaut. Hal itu berarti mereka memiliki sumber makanan dan bisa menjalankan misi mereka lebih lama di luar angkasa. Sebelum bunga zinnia, para astronaut tersebut sudah berhasil menumbuhkan selada. Selanjutnya, mereka berencana menanam tomat.

Menurut Scott Kelly, astronaut yang bertugas di ISS, menanam tumbuhan di luar angkasa sangat sulit. Menyiram tanaman menjadi lebih susah karena tidak ada gaya gravitasi. Tantangan lainnya adalah karena kelembaban udara yang tinggi di luar angkasa membuat tanaman ditumbuhi jamur.

Untungnya, para astronaut itu berhasil membersihkan tanaman dan membuang jamur0jamur itu. Mereka menggunakan kipas angin untuk membuat tanaman tetap kering. Saat bunga zinnia mekar sepenuhnya, Scott Kelly membagi foto bunga pertama yang mekar di luar angkasa itu di akun Twitternya dengan antusias. (bbc.co.uk)