Find Us On Social Media :

Swedia, Negara yang Telah Berhasil Mendaur Ulang 99% Sampahnya

By Lila Nathania, Minggu, 24 Januari 2016 | 11:30 WIB

Swedia, Negara yang Telah Berhasil Mendaur Ulang 99% Sampahnya

Intisari-Online.com – Isu lingkungan yang terus berkembang kian mendorong manusia untuk hidup dnegan lebih peduli pada bumi. Inilah Swedia, negara yang telah berhasil mendaur ulang 99% sampahnya.

Swedia adalah negara yang tingkat daur ulang sampahnya paling tinggi di dunia, yakni 99%. Sejak 2012 lalu mereka sudah mendaur ulang 96% sampahnya dan sekarang dalam waktu dua tahun mereka telah berhasil meningkatkan efektivitas hingga 99%.

Bagaimana cara mereka melakukannya? Tentu di sana terdapat aturan daur ulang yang sangat ketat. Aturan pertama adalah pemakaian sampah lebih sedikit. Mereka tak pernah membuat benda yang berakhir sebagai sampah tanpa bisa didaur ulang. Jadi segala macam tempat makanan dan minuman dibuat dari bahan yang bisa didaur ulang.

Pemisahan sampah secara tepat juga membuat proses daur ulang jadi sangat mudah dan cepat di Swedia. Saking hebatnya mereka dalam mengolah sampah, Swedia bahkan berencana untuk mengimpor 800.000 ton sampah dari negara-negara Eropa untuk dijadikan energi dalam program Waste-to-Energy.

Sebagai perbandingan, negara Amerika Serikat saja sekarang hanya bisa mendaur ulang 34% sampah mereka. Semoga saja Indonesia pun tak mau kalah dan makin giat mendaur ulang sampah sehingga bisa ikut serta dalam upaya mencintai dan menyelamatkan bumi.

(themindunleashed.org)