Find Us On Social Media :

Mengapa Peringatan Semacam Jangan Konsumsi Makanan X Justru Membuat kita Makan Lebih Banyak?

By Lila Nathania, Minggu, 7 Februari 2016 | 09:30 WIB

Mengapa Peringatan Semacam Jangan Konsumsi Makanan X Justru Membuat kita Makan Lebih Banyak?

Intisari-Online.com – Pernahkah Anda membaca artikel yang menyarankan untuk tidak makan ini dan tidak boleh makan itu namun justru Anda memakannya? Mengapa peringatan semacam ‘Jangan konsumsi makanan X’ justru membuat kita makan lebih banyak?

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa peringatan bernada negatif tentang suatu makanan justru membuat orang yang sedang diet makan lebih banyak makanan  atau camilan jahat tersebut. Hasil studi unik ini telah dipublikasikan pada Journal of the Association for Consumer Research.

Para peneliti berasal dari Arizona State University dan mereka telah melakukan studi pada tiga bagian terpisah yang hasilnya memperkuat teori ini. Salah satu eksperimen mereka lakukan pada 397 relawan yang diberi pesan positif (semua snack bergula itu baik) atau pesan negatif (semua snack bergula itu buruk). Setelah itu mereka disuruh melihat video sambil makan biskuit cokelat.

Lucunya, mereka yang menerima pesan negatif justru memakan biskuit 39% lebih banyak. Hasil serupa juga didapat dari tes lain yang mereka lakukan dengan cara kurang lebih sama.

Menurut para peneliti, hasil studi ini akan sangat membantu pemerintah Amerika Serikat untuk membuat pesan layanan masyarakat dengan menggunakan pemilihan kata yang lebih tepat. Mereka berharap jika pesan layanan masyarakat bisa dibuat dengan lebih baik, tingkat obesitas di negeri paman sam dapat berkurang.

(yahoo.com)