Find Us On Social Media :

Desain Kota Futuristik Ini Terinspirasi Bentuk Ikan Pari

By Lila Nathania, Minggu, 7 Februari 2016 | 10:00 WIB

Desain Kota Futuristik Ini Terinspirasi Bentuk Ikan Pari

Intisari-Online.com – Sudah berapa banyak temuan manusia yang terinspirasi dari hewan dan alam? Salah satunya adalah desain kota futuristik ini yang terinspirasi bentuk ikan pari.

Jacques Rougerie adalah seorang arsitek asal Perancis yang mendesain sebuah kota futuristik yang bentuknya mirip dengan ikan pari. Kota terapung ini panjangnya 900 meter, lebarnya 400 meter, dan tingginya 60 meter. Menurut Rougerie, kota yang dinamai Meriens (marine atau laut) ini dapat menampung hingga 7.000 manusia. Ia berharap Meriens kelak bisa menjadi gedung universitas.

Bagian dalam kota apung ini akan diisi dengan laboratorium, ruang kelas, tempat tinggal, serta ruang khusus olahraga dan ruang proyek penelitian jangka panjang. Rougerie membuat kota ini bisa menampung banyak orang karena komunitas ilmiah internasional tentu besar.

Bentuk seperti ikan pari dipilih oleh Rougerie sebab desain ini dianggap paling cocok secara kebutuhan ruang serta stabilitas di permukaan air. Desain ini juga kelak bisa bertahan saat ada badai dan cuaca yang ekstrem.

Struktur bangunan yang terlihat mungkin memang hanya 60 meter saja namun di bawahnya masih ada struktur lain sedalam 120 meter yang berfungsi menjaga kestabilan kota apung tersebut. Desain kota apung ini memang diperuntukkan para peneliti, akademisi, dan mahasiswa yang ingin mengeksporasi laut. Di sini mereka akan memiliki kontak permanen dengan laut serta akses mudah ke bawah laut.

(mongabay.co.id)